7 Cara Merawat Aglonema Suksom Agar Tumbuh Subur

dewitani.com – Merawat Aglonema Suksom – Suksom jaipong merupakan salah satu jenis aglonema yang peminatnya sangat besar di Indonesia. Ciri khas dari aglonema merah ini adalah pada daunnya yang berwarna merah cerah dan indah, sehingga sangat menarik untuk dipandang.

Warna merah pada daun yang menakjubkan menjadi salah satu daya tarik utama. Tak heran jika banyak pecinta bunga terutama aglonema mencari tanaman ini untuk dipajang di rumah sebagai hiasan. Jika anda memiliki aglonema suksom jaipong, ada beberapa cara untuk membuatnya subur dan berwarna pink.

Tips Merawat Aglonema Suksom

Meski warna jaipong suksom sudah berubah menjadi merah, tidak sedikit yang pernah merasakan warna daunnya terlihat kusam, tidak segar, bahkan dalam satu pot tidak tumbuh dengan baik. Jika anda mengalami hal ini, jangan khawatir karena ada trik jitu untuk menyiasatinya.

1. Siram hanya saat media tanam kering

Siram aglonema suksom jaipong secukupnya di sekitar batang setiap 2 sampai 3 hari sekali. Namun, aglonema suksom jaipong hanya membutuhkan air saat bagian atas media tanam mengering. Jika media tanam masih lembab, apalagi sangat basah, jangan disiram.

Usahakan untuk tidak menambahkan air terlalu banyak, agar tidak terlalu dekat dengan dasar media tanam. Jika penyiraman terlalu banyak dan membuat bagian bawah media tanam terlalu basah, aglonema akan sakit dan mudah terserang jamur.

2. Siram dengan larutan pupuk Growmore

Jika aglonema suksom jaipong disiram, penyiraman selanjutnya perlu menggunakan larutan pupuk Growmore. Hal ini dilakukan hingga daun, batang dan akar aglonema suksom jaipong menjadi subur. Larutkan 2 gram pupuk Growmore dengan 1L air, lalu tuangkan larutan pupuk Growmore secukupnya ke dalam media tanam aglonema suksom jaipon, didekat akar atau bonggol.

Tidak lupa batang aglonema suksom jaipong juga disemprot dengan larutan pupuk Growmore secukupnya. Hal ini bertujuan untuk mempercepat penyerapan. Cukup menyiram aglonema suksom jaipong dengan larutan pupuk Growmore setiap dua minggu sekali.

3. Semprot bagian belakang daun dengan Vitamin B1

Selain kemampuannya membuat jaipong suksom terlihat lebih segar, taburan vitamin B1 pada daunnya juga bermanfaat untuk mempercepat anakan. Untuk hasil terbaik, semprot juga di belakang daun suksom jaipong. Karena pada tanaman hias ini letak stomata berada di bagian belakang. Penyemprotan yang baik dilakukan saat sebelum terpapar sinar matahari pagi.

Baca Juga : Jenis Aglonema Merah Yang Paling Dicari

4. Merawat Aglonema – Beri rapid root

Setidaknya setiap tiga minggu sekali, aglonema suksom jaipong harus segera diakarkan, agar muncul akar mudanya. Hal ini dikarenakan akar yang sudah tua tidak akan optimal untuk menyerap unsur hara dari media tanam. Tuang cairan rapid root sesuai anjuran di atas tanaman aglonema suksom jaipong agar akarnya kental.

  Cara Jitu Membuat Pupuk Hantu Untuk Anggrek

5. Merawat Aglonema – Beri antracol

Sebulan sekali, anda perlu memberi aglonema suksom jaipong dalam jumlah yang cukup yaitu anctracol (produk fungsional) sesuai dengan rekomendasi yang disebutkan pada paket. Antracol berguna untuk mencegah tanaman terkena jamur, terutama saat musim hujan.

6. Potong Daun yang Berwarna Coklat

Keindahan daun jaipong suksom akan memudar jika melihat ujung daun berwarna coklat. Itu akan membuat aglonema ini terlihat keriput dan tidak segar. Untuk mengatasinya, potong saja ujung daun cokelat.

Pencoklatan pada ujung daun disebabkan oleh aglonema merah yang terlalu banyak terkena sinar matahari. Jika sudah dipotong, aplikasikan fungisida dan pindahkan pot ke tempat yang lebih teduh dan usahakan tidak terkena sinar matahari langsung.

7. Ganti media tanam jika kuncupnya menguning

Menguningnya pucuk atau bagian bawah daun suksom jaipong dapat menghambat pertumbuhan aglonema jenis ini. Karena itu, jika anda melihat tunas jaipong suksom menguning, segera keluarkan dari pot dan rendam dalam vitamin B1 selama 15 menit, lalu biarkan di udara.

Jika sudah kering, tanam kembali menggunakan media tanam baru atau yang bersih. Terjadinya kuncup yang menguning disebabkan oleh masalah pada media tanam, termasuk hama yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengganti media tanam jika anda melihat tunas suksom Jaipong menguning.

Sekian pembahasan menganai Cara Merawat Aglonema Suksom Agar Tumbuh Subur. Semoga bisa bermanfaat…

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA