Inilah Arti Capung Masuk Rumah Menurut Islam

dewitani.com – Arti capung masuk rumah – Capung atau Dragonfly termasuk hewan purba yang sudah mengalami beberapa kali evulusi hingga pada bentuk yang sekarang ini. Diperkirakan capung sudah hidup sejak 300 juta tahun yang lalu.

Dibeberapa daerah capung memiliki sebutan yang berbeda-beda, seperti di Jawa disebut dengan Kinjeng, Papatong (Sunda), Kasasiur (Banjar), dan lain sebagainnya.

Biasanya Capung dapat dijumpai di daerah yang dekat dengan sumber air, seperti sungai, danau, kolam, atau pinggir pantai. Salah satu tanda jika kondisi air disuatu daerah dalam kondisi baik ialah adanya capung.

Hewan yang memiliki beranekaragam warna dan corak ini, ternyata memiliki beberapa mitos ketika masuk ke dalam rumah. Dibeberapa daerah ada yang menyakini jika binatang ini masuk ke dalam rumah secara tiba-tiba. Maka itu merupakan sebuah pertanda akan terjadi sesuatu.

Setidaknya ada dua mitos yang berbeda mengenai capung yang masuk ke dalam rumah. Yakni capung yang masuk ke pada malam hari dan yang masuk pada siang hari. Waktu yang berbeda ini memiliki makna yang berbeda juga berdasarkan mitos yang telah ada.

Mitos capung masuk rumah ketika malam hari

Capung yang masuk ke dalam rumah pada malam hari secara tiba-tiba, menurut mitosnya itu merupakan pertanda dari sebuah kesialan atau pertanda buruk yang akan menimpa salah satu anggota keluarga di rumah yang dimasukki capung tersebut.

Mitos ini banyak berkembang di daerah Toba, sebagian mereka percaya jika capung yang masuk ke dalam rumah adalah kiriman dari seseorang yang ingin berbuat buruk. Biasanya untuk mencelakai salah satu anggota keluarga yang berada di dalam rumah itu.

Oleh sebab itu, Masyarakat Toba yang masih mempercayainya Akan langsung membunuh capung yang masuk ke dalam rumah. Untuk menghindari dari kesialan yang dibawa capung jika dibiarkan tetap hidup.

  Mitos Bambu Petuk, Jenis, dan Faktanya, Dipercaya Bikin Kaya Raya!

Mitos capung masuk ke dalam rumah ketika siang hari

Hal ini akan berbeda jika capung masuk ke rumah pada siang hari, sebagian masyarakat percaya jika itu adalah pertanda baik, Salah satunya ialah pertanda akan datang musim hujan setelah musim kemarau yang berkepanjangan. Selain itu, capung dipercaya sebagai pembawa keberuntungan kepada anggota keluarga yang berada di dalam rumah tersebut.

Arti Capung Masuk Rumah Menurut islam

Sebenarnya tidak ada hadist-hadits yang menjelaskan arti capung masuk ke dalam rumah, Jadi didalam Islam tidak ada makna capung masuk ke rumah baik itu siang ataupun malam itu hanya kebetulan saja.

Pada kenyataannya, capung yang masuk ke dalam rumah pada malam hari karena dia merasa lapar, setelah masuk kedalam rumah, capung akan terbang kemana-mana untuk mencari makanan yakni berupa nyamuk yang berada di dalam rumah. Selain itu, hal lain yang menarik capung untuk datang kerumah pada malam hari ialah karena ada pancaran sinar lampu di dalam rumah.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA