Burung Cendrawasih Biru Yang Indah dan Rupawan

dewitani.comBurung Cendrawasih Biru – Keistimewaan burung cendrawasih yang berbulu indah ini tidak ada habisnya untuk diperbincangkan, terutama karakteristiknya.

Seperti namanya, cendrawasih jenis ini memiliki bulu yang didominasi warna biru. Biru muda dan hitam dipadukan menjadi satu telah memberikan sentuhan elegan.

Karakteristik Cendrawasih Biru

Mengingat keindahan Cenderawasih Biru, tidak heran jika burung ini selalu menjadi pusat perhatian para pecinta burung, bahkan banyak yang ingin mengembangbiakannya.

Upaya untuk mengembangbiakan burung cantik ini sungguh merupakan upaya yang sangat positif. Selain untuk mempertahankan kelangsungan hidup, populasi juga akan meningkat.

Untuk itu sangat penting untuk mengetahui secara pasti karakteristik dari Burung Cendrawasih Biru ini. Terutama bagi mereka yang ingin memastikan kelestarian burung ini. Berikut ciri-ciri Cendrawasih Biru.

Morfologi Cendrawasih Biru

Berbicara tentang keistimewaan Cendrawasih Biru ini tidak terlepas dari bentuk tubuhnya yang sangat unik dan menarik. Burung Paradisaea rudolphi merupakan burung cenderawasih berukuran sedang.

Panjang tubuhnya kurang lebih mencapai 30 cm. Selain itu juga warna bulu yang menarik perhatian orang yang melihatnya.

Untuk jenis bulu Cendrawasih ini memiliki kombinasi warna yang sesuai antara hitam dan biru. Paruhnya berwarna putih kebiruan.

Kakinya yang kecil berwarna abu-abu. Burung ini memiliki iris mata coklat tua dengan dua buah setangah lingkaran putih di sekitar matanya. Sebagai ciri khas, sayapnya berwarna biru cerah, yang membuatnya sangat menarik.

  6 Cara Membedakan Burung Walet Dan Sriti

Perbedaan Jantan dan Betina

Membahas ciri-ciri Cendrawasih Biru tentu tidak lepas dari ciri-ciri jantan dan betinanya. Sangat penting untuk mengetahui perbedaan ini.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, untuk mempertahankan kelangsungan hidup Cendrawasih Biru ini, diperlukan upaya untuk membudidayakannya.

Dengan mengetahui perbedaan antara jantan dan betina dapat membawa kesuksesan dalam upaya melestarikan burung cendrawasih biru ini. Untuk itu, ada beberapa perbedaan antara Cenderawasih Biru jantan dan betina.

Cendrawasih Biru Jantan

Cendrawasih jantan dapat dilihat dari sisi dada untuk perbedaan yang jelas. Pada bagian dada, Cendrawasih Biru jantan memiliki seikat bulu yang menghiasi permukaan dada.

Jika dilihat dari bagian bawah dada, bulunya tampak berwarna biru keunguan. Namun, jika dilihat dari perspektif dada bagian atas, tampak sebagai warna bulu coklat kemerahan.

Yang menarik dari Cendrawasih Biru ini adalah fakta uniknya. Dada ada lingkaran oval hitam dengan setiap tepi lingkaran oval ditandai dengan warna merah.

Tidak hanya terlihat pada bagian dada, tetapi juga pada bagian ekor untuk membedakan Cendrawasih Biru jantan. Ekor Cendrawasih Biru jantan memiliki dua tali panjang berwarna merah dengan ujung berwarna biru.

Bahkan jika melihat ciri-ciri burung cenderawasih biru jantan, keindahannya begitu mempesona. Tak heran jika burung ini selalu mencuri perhatian.

  Kebiasaan Hidup dan Pakan Alami Lovebird di Alam Liar

Cendrawasih Biru Betina

Sebenarnya sangat mudah untuk membedakan Cendrawasih Biru jantan dan betina. Ini karena perbedaan antara keduanya sangat jelas.

Seperti Cendrawasih Biru betina ini, jika dilihat dari ukuran, burung betina jauh lebih kecil daripada jantan.

Cendrawasih Biru jantan berbeda dengan betina karna memiliki dada yang dihiasi bulu berwarna-warni. Cendrawasih Betina Biru, tanpa hiasan bulu di dada.

Juga, tubuh bagian bawah berwarna coklat kemerahan. Oleh karena itu, ciri-ciri Cendrawasih biru betina tidak sebanyak yang jantan. Jadi sangat mudah bagi kita untuk membedakannya.

Itulah tadi pengenalan dengan Burung Cendrawasih Biru yang bergitu indah penampilannya. Dari mulai karakteristik burung, morfologi, dan perbedaan kelamin. Semoga bisa bermanfaat…

error: This content is protected by DMCA