8 Cara Agar Alpukat Cepat Matang Dengan Alat Sederhana Dirumah

dewitani.com – Cara Agar Alpukat Cepat Matang – kalau Anda termasuk pecinta alpukat, maka Anda pasti sering menemukan buah ini dijual dalam keadaan belum matang atau hanya matang sebagian. Hal ini karena ketika telah matang, buah alpukat sangat cepat membusuk. Jadi waktu membeli alpukat pada pasar atau supermarket, kemungkinan kita tidak bisa langsung mengonsumsinya melainkan wajib dibiarkan dulu sampai seluruh bagiannya matang.

Mematangkan buah alpukat memang jadi tantangan tersendiri. Bila tidak dilakukan dengan teknik yang benar dan tepat, hasilnya jadi tidak bagus dan merata. Alih-alih mendapat alpukat yang matang dan enak, hasilnya justru malah membusuk.

Cara Mempercepat Buah Alpukat Matang

Nggak perlu khawatir, ternyata ada banyak trik buat mematangkan alpukat dengan benar, efektif dan hasilnya dijamin mantap .Dengan hanya menggunakan bahan serta peralatan sederhana, anda bisa memanfaatkannya untuk buah alpukatmu.

Nah buat meningkatkan kecepatan pematangan alpukat dan menjadikannya matang tepat, mari intip cara-cara di bawah ini !

1. Disimpan Bersama Beras

Masih tentang memanfaatkan gas etilen, Anda mampu juga memakai beras buat memenjarakan gas ini. Caranya, letakkan alpukat mentah atau setengah matang dalam wadah beras. Pastikan berasnya menutupi seluruh bagian alpukat, sebab suhu hangat yang terjadi pada tumpukan beras juga berpengaruh dalam proses pematangan. lalu tutup rapat wadah beras serta biarkan selama 2-3 hari.

2. Letakkan Dekat Buah Lain yang Sudah Matang

Gas etilen  yang dikeluarkan buah-buahan dapat berperan dalam proses pematangan. Waktu dilepaskan, gas ini akan menyebar dan membuat buah lain di sekitarnya menjadi ikut matang. Jadi Anda dapat memanfaatkan gas etilen ini untuk mempercepat proses pematangan alpukat.

Caranya, hanya letakkan alpukat pada kantong beserta buah yg telah matang, contohnya pisang, apel atau tomat. Tutup kedap kantong supaya gas tidak keluar lalu abaikan selama dua-tiga hari.

3. Dibungkus Kertas Koran

Bila tidak terdapat buah-buahan lain, Anda bisa juga langsung memasukkan alpukat yg belum matang kedalam kantung kertas. Pastikan saja kantungnya tertutup rapat dan tidak berlubang untuk mencegah gas etilen yang didapatkan keluar.

Jika tidak terdapat kantung pun, Anda bisa membungkus masing-masing buah alpukat menggunakan kertas koran. Pastikan terbungkus kedap serta simpan di tempat yang tidak terkena panas dan sinar matahari selama 2-3 hari.

  Panduan Praktis Cara Menanam Dan Budidaya Tanaman Mahkota Dewa

4. Gunakan Tisu

Pertama-tama, cuci bersih dulu buah alpukat serta keringkan sampai benar-benar kering. Lalu buat potongan di ujung bagian tumbuhnya tangkai. lalu tutup menggunakan tisu serta rapatkan menggunakan lakban. lalu simpan di tempat yang gelap selama 2 hari. penasaran bagaimana cara ini mampu mempercepat pematangan?

Jadi ujung alpukat dipotong buat merangsang keluarnya gas etilen. setelah itu, bekas potongan itu ditutup untuk menghentikan oksidasi yang meningkatkan kecepatan pembusukan daging buah. dengan memaksimalkan gas etilen serta meminimalisir pembusukan, maka alpukat mampu matang dengan lebih cepat dan tepat.

5. Letakkan Dekat Jendela

Memang nggak instan, tapi cara ini terbukti sangat manjur bikin alpukat cepat matang, lho. relatif letakkan alpukat di dekat jendela izin lebih praktis terkena cahaya matahari serta udara segar. umumnya, dalam dua hari alpukat akan matang.

6. Tancapkan Tusuk Gigi

Cara ini telah banyak digunakan lho, walaupun sedikit aneh dan tidak terdapat penjelasan ilmiah. Meski begitu, teknik ini relatif manjur kok. Caranya dengan cukup menancapkan satu saja tusuk gigi ke buah alpukat pada bagian tumbuhnya batang. Tusuk sampai menancap ke bagian bijinya, kemudian pisahkan pada ruang terbuka selama 2-3 hari.

7. Menggunakan Oven

Tergesa-gesa ingin mengolah alpukat Anda? Coba bungkus buah alpukat menggunakan aluminium foil dan masukkan ke dalam panggangan atau oven bertemperatur sedang selama 10 mnt. Dijamin daging butir akan langsung lunak dan bisa segera Anda olah.

Hanya saja, teknik ini membuat rasa alpukat yang tidak sama Jika dibandingkan teknik lain diatas. Oleh sebab itu, alpukat yang dioven lebih baik tidak dimakan langsung melainkan diolah dulu jadi kuliner lain.

8. Manfaatkan Tepung

Buat yang punya tepung cukup banyak dirumah, kamu juga mampu memanfaatkan bahan ini buat alpukat agar matang. Sama menggunakan beras, tepung pula digunakan untuk memeram buah alpukat selama 2 sampai 3 hari.

Itulah tadi bagaimana cara agar alpukat cepat matang dan bisa segera dikonsumsi. Semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca. Terima Kasih…

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA