Cara Membuat Sistem Aquaponik DFT

dewitani.com – Cara Membuat Sistem Aquaponik DFT – Untuk bikin aquaponik DFT benar-benar simpel serta gampang dipraktikkan berikut saya akan menerangkan langkah pembuatannya serta bahan yang diperlukan.

Pembuatan Aquaponi Kolam Ikan

Bahan Aquaponik kolam ikan

  1. bibit ikan
  2. pompa air
  3. aerator
  4. pipa pvc 1/2 inchi
  5. pipa atau talang air 5 inchi
  6. netpot
  7. media tanam
  8. tanaman
  9. air seperlunya

Langkah Pembuatan Aquaponik

Langkah Membuat Kolam Aquaponik Untuk budidaya ikan diperlukan kolam, kolam dapat dibikin dari terpal, fiber atau semen/ tembok. Luas kolam bisa disamakan dengan keperluan budidaya tetapi supaya gampang dalam perawatan serta peletakan seharusnya jangan begitu luas contoh kita bikin kolam 3 x 4 m atau 2 x 4 m, dengan tinggi kolam minimum 60 cm sampai 110 cm.

Kolam jangan begitu dangkal supaya ikan bertambah bebas untuk bergerak hingga perubahannya semakin lebih maksimal. Spesial untuk kolam yang dibuat dari semen kerjakan persiapan lebih dulu sebelumnya dipakai untuk pelihara ikan. Aksi ini dilaksanakan untuk hilangkan toksin yang dari tersisa sisa semen yang melekat di atas kolam. Sedang kolam yang dibuat dari terpal atau fiber cukup kerjakan pembersihan pada dinding kolam.

Isi kolam memakai air bersih sampai capai 10 cm dari permuakaan kolam, jangan isi sampai penuh sebab jika begitu penuh ikan bisa dengan gampang melonjak keluar kolam. Sesudah kolam terisi air selanjutnya nyalakan aerator yang diletakkan di dalam kolam waktu lebih kurang tiga hari, aerator berperan untuk menambahkan oksigen di dalam kolam.

Sesudah kolam siap kita dapat memakai kolam untuk pelihara ikan. Ikan yang ada dikolam akan membuahkan kotoran berbentuk bahan bahan organik yang paling baik untuk tanaman.

Untuk pemberian pakan bisa disesuakan dengan tipe ikan yang dijaga. Biasanya ikan bisa diberimakan 2x dalam satu hari pada sore dan pagi hari. Jumlah ikan yang dijaga dalam kolam harus sesuai keperluan kotoran ikan yang akan dipakai untuk memupupuk tanaman.

  Analisa Modal Dan Keuntungan Pembenihan Ikan Gurami

Langkah Membuat Skema Budidaya Tanaman Untuk bikin skema penamaman kita bisa mengawalinya dari memangkas pipa/ talang air dengan panjang disesuakan dengan kolam atau sesuakan hasrat anda. Sesudah terpotong pipa dikasih lubang memakai bor berdiameter 5 cm (disamakan dengan netpot) dengan jarak antar lubang seputar 15 sampai 20 cm.

Di bagian salah satunya ujung pipa sisi bawah dikasih lubang dengan besar 1/2 inchi selanjutnya potong pipa 1/2 inci dengan panjang lebih kurang 30 cm selanjutnya letakkan pada lubang. Peletakan pipa 1/2 inchi 5 cm ada di pipa besar dengan status 25 cm ada di bawah kemudaian lem dengan kuat serta janganlah sampai ada kebocoran.

Sedang pada salah satunya ujung pipa berikan lubang di bagian atas dengan besar 1/2 sampai 1 inchi manfaatnya untuk aliran air dari kolam ke arah paralon. Tutup ke-2 lubang di ujung paralon dengan rapat. Paralon penanaman bisa diletakkan di rack atau di atas kolam kemudian pasang pipa dari penghubung pada pompa ke arah pipa lewat lubang yang sudah dibikin.

Sediakan bibit tanaman selanjutnya masukan di dalam tengah netpot selanjutnya masukan media tanam hingga tanaman akan berdiri tegak serta tidak gampang ambruk. Sesudah siap letakkan netpot pada lubang lubang pipa yang sudah dibikin. Sesudah siap nyalakan pompa.

Air dari kolam ikan akan mengalir lewat pipa 1/2 inchi selanjutnya akan penuhi pipa 5 inchi dengan kedalaman lebih kurang 5 cm apabila suadah penuh air akan terbuang lewat pipa pembuangan serta disalurkan ke arah kolam ikan. Air yang mengalir ke kolam ikan semakin lebih bersih sebab kotoran kotoran tersaring serta di serap oleh tanaman.

Demikian pembahasan mengenai Cara Membuat Sistem Aquaponik DFT. Semoga bermanfaat bagi para pembaca…

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA