Cara Menyimpan Buah Yang Sudah Dipotong Agar Tetap Segar

dewitani.com – Cara Menyimpan Buah – Anda yang mau memahami bagaimana cara menyimpan buah yg telah dipotong agar lebih lama segarnya dan tak cepat busuk atau berubah warna ? Cek caranya di artikel ini ya! buah yang telah dikupas dan dipotong tentunya simpel buat dikonsumsi.

Sayangnya, buah-buahan umumnya akan cepat berubah warna bahkan cepat busuk pada beberapa waktu yang cukup singkat semenjak dipotong. Hal itu ditimbulkan buah teroksidasi, sebagai akibatnya bentuk serta warnanya bisa berubah.

Tetapi jangan khawatir, karena ada cara praktis yang mampu kamu lakukan supaya buah yg sudah dikupas, diiris atau dipotong senantiasa segar.
Simak ulasannya dibawah ini !

Cara Menyimpan Buah Yang Sudah Dipotong

1. Gunakan Cuka & Gula

Adonan cuka serta gula juga dapat digunakan buat mengawetkan buah yang sudah dipotong. Caranya dengan mencampur cuka serta gula hingga menyatu kemudian teteskan pada buah secara merata. Sehabis itu, simpan buah yg telah diteteskan campuran cuka serta gula di kulkas atau di daerah yang sejuk.

Menggunakan cara ini, buah yg telah dipotong bisa awet sampai beberapa hari. Meski bisa menjaga kesejukan dan warna buah, sayangnya cara ini dapat mengubah cita rasa asli dari buah itu sendiri.

2. Rendam Dengan Air Garam

Cara selanjutnya merupakan merendam buah yg telah dipotong menggunakan air garam. Rendam selama 3 – 5 mnt kemudian cuci buah dengan air bersih. Sesudah itu, engkau bisa memasukkannya ke dalam wadah tertutup serta menyimpan buah di pada kulkas. Buah yang dipotong akan bertahan selama beberapa jam dengan kondisi tetap segar dan tidak busuk.

Baca Juga : Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil 9 Bulan

3. Bungkus Dengan Plastik Wrap

Plastik wrap juga dapat dimanfaatkan untuk membentuk buah yang sudah dipotong terjaga kesegarannya. Caranya pun relatif praktis, anda hanya perlu menyimpan buah yang telah dipotong pada wadah terbuka lalu tutup kedap menggunakan plastik wrap.

Dengan cara ini potongan buah akan terjaga kesegarannya serta tidak akan berubah warna waktu dikonsumsi. Jika kamu menyimpannya pada kulkas, kesegaran buah akan bertahan selama kurang lebih 12 jam.

4. Rendam pada Air Dingin

Untuk menjaga potongan buah agar tetap segar, cara mudah pertama yg bisa anda lakukan ialah dengan merendamnya dalam air dingin. Air dingin dapat membantu menghentikan proses oksidasi di buah. Perubahan rona di buah yang terjadi dampak udara dapat dihambat oleh air dingin.

  Cara Menanam Anggur Agar Cepat Berbuah

Selain itu, rendaman air dingin pula bisa mempertahankan enzim yang terdapat dalam buah, sehingga tidak akan mengubah cita rasanya. Cara ini membuat kesegaran buah terjaga selama sekitar enam jam. Bila anda menyimpan buah dalam rendaman air di kulkas, daya tahannya bisa lebih lama lagi.

5. Bungkus Dengan Tisu Dapur

Tisu dapur juga dapat digunakan buat menjaga kesejukan buah yang telah dipotong. Caranya dengan membungkus buah dengan tisu dapur kemudian simpan di dalam wadah rapat udara.

Tisu dapur dapat menyerap kelembapan serta wadah kedap udara dapat mencegah terjadinya kebusukan. Cara ini dapat anda lakukan jika hendak bepergian membawa potongan buah sebagai bekal.

6. Masukkan Air Jeruk Nipis

Asam sitrat yang terkandung pada pada jeruk nipis bisa membantu menghambat proses oksidasi buah yang sudah dipotong. Air jeruk nipis juga bisa menjaga warna  buah supaya tidak berubah menjadi kecokelatan.

Caranya dengan menuangkan 1-2 sdm air jeruk nipis di buah yang telah dipotong secara merata. Kemudian, simpan dalam wadah serta masukkan ke dalam kulkas. Dengan begini, potongan buah mampu bertahan kesegarannya selama 12 jam.

7. Simpan Buah di Freezer

Buat menghindari pembusukan di buah yang sudah dipotong, kamu juga bisa membekukannya. Caranya dengan menyimpan buah dalam wadah tertutup rapat lalu simpan di pada freezer. Kamu tidak perlu mencuci terlebih dahulu butir sebelum dimasukkan pada freezer.

Lakukan pembersihan waktu buah hendak dikonsumsi. Ingat dan perhatikan suhu kulkas, suhu penyimpanan buah ialah 3-7 derajat Celsius. Suhu yg terlalu dingin dapat membentuk kulkas bekerja lebih ekstra. Suhu yg terlalu rendah bisa mengakibatkan kulit buah jadi mengering.

Itulah tadi bagaimana cara menyimpan buah yang sudah dipotong agar tetap segar dan tidak berubah warna menjadi kecoklatan. Selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca setia dewitani.com. Terima Kasih

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA