Cara Merawat Merpati Balap yang Benar Khusus Pemula

dewitani.com – Cara Merawat Merpati Balap – Burung merpati adalah salah satu jenis burung yang telah lama dekat dengan manusia baik buat dikonsumi maupun dipergunakan buat kegiatan olahraga balap. Burung merpati memang tak memiliki suara yang merdu seperti halnya burung kicauan yang sering kita jumpai seperti burung kacer, lovebird, murai, ataupun burung lainnya yang dipelihara karena suaranya.

Dahulu burung merpati dipergunakan sebagai media pos pengantar surat. sebab burung merpati adalah jenis burung yang relatif pintar, mempunyai insting ilmiah yaitu dapat kembali ke sarangnya walaupun sudah lama ditinggalkannya. Akan tetapi di jaman ini, merawat merpati balap dijadikan sarana olahraga balap.

Burung merpati dikenal menjadi salah satu burung yang setia dan dapat mengenali pasangannya sehingga dalam aduan, burung akan diadu untuk cepat-cepat menuju pasangannya yang memiliki jarak tempuh yang ditentukan. Lalu seperti apa sih cara merawat merpati balap yang benar, dan bagaimana sih karakteristik serta bentuk merpati pebalap itu. Simak penjelasan lengkap dibawah ini.

Cara Merawat Merpati Balap

Demi hasil yang baik dalam merawat merpati balap tak bisa lepas dari merpati balap itu sendiri dan tergantung dari perawatan harian mulai asal pakan yang harus diberikan, vitamin yang dibutuhkan burung merpati balap, perawatan merpati waktu kawin, mengerami serta masa pengambilan telur.

Ciri Burung Merpati Balap yang Mantap

Jika anda seseorang pemula, alangkah baiknya buat mengetahui sebelum membeli. Supaya saat anda berniat ingin beternak merpati, sudah mempunyai induk yang berkualitas. Tanda-tanda burung merpati balap yang cantik serta berkualitas, bisa dilihat dari bentuk fisiknya yang rupawan serta ideal. Karena bentuk tubuh merpati balap yang ideal akan menunjang keberhasilan merpati saat mengikuti lomba, begitu pula latihan yang biasa dilatih oleh pelatihnya.

  Makanan Burung Parkit : Pada Waktu Rontok Bulu Dan Berkembangbiak

Secara fisik, burung merpati balap yang bagus serta berkualitas mempunyai fisik yang mampu dijadikan pertimbangan saat memilih burung merpati balap yg rupawan. Umumnya, agar mendapatkan kecepatan terbang yang maksimal, burung merpati mampu mengukur kapan waktunya terbang naik dan kapan waktunya terbang rendah. Hal ini lebih terkait menggunakan latihan yang diberikan oleh pemiliknya.

Pakan Merpati yang Harus Diperhatikan

Cara merawat merpati balap selanjtunya ialah asupan pakan serta gizi yang cukup. Supaya burung merpati menjadi prima dan lebih unggul dibandingkan dengan merpati yang lain. Mulai mengerami telur sesudah pengambilan telur, sampai masa latihan atau balapan yang sesungguhnya pada arena.

Asupan tambahan untuk Merpati agar prima :

  • Kacang tanah
  • Kacang hijau
  • Beras merah
  • Beras krosok
  • Vitamin A
  • Vitamin B kompleks
  • Vitamin C, dan
  • Madu

Selain itu merpati juga memerlukan gizi yang harus cukup. terdapat 5 kandungan gizi yang terpenuhi pada ramuan pakannya agar merpati balap yang anda pelihara unggul dari yang lain.

1. Karbohidrat

Dalam merawat merpati balap, karbohidrat ialah asupan gizi yang paling utama buat metabolisme dan kegiatan burung saat terbang, kawin serta lain-lain. Ada banyak karbohidrat, ada dari beras merah, beras krosok, serta ketan hitam yang masih ada kulit arinya. Jenis karbohidrat yang praktis dicerna bagi merpati balap tinggian yaitu amilum.

Amilum yang ada di beras krosok dan beras merah memiliki rantai polimer yang lurus, sedangkan untuk ketan dan ketan hitam memiliki rantai polimer yang bercabang. Untuk polimer yang bercabang sangat memerlukan banyak air minum untuk dapat mencernanya.

Karbohidrat diolah oleh tubuh sebagai glukosa dalam peredaran darah. Lalu glukosa yang masuk ke dalam sel-sel tubuh akan diubah menjadi sebuah tenaga yang digunakan buat terbang dan kegiatan burung lainnya.

  Peluang Usaha Pengembangbiakan Burung Lovebird

2. Protein

Protein digunakan untuk masa pertumbuhan serta perkembangan dan pemeliharaan serta perbaikan sel-sel tubuh merpati balap. Setiap hari tentu terdapat sel-sel yang tewas serta protein berfungsi menjadi pengganti sel-sel yang mati menggunakan sel-sel yang baru yang lebih baik lagi. Terutama kacang-kacangan, mirip kacang hijau yg banyak mengandung kadar protein yang cukup tinggi.

3. Lemak

Lemak yang ada pada burung merpati balap dipergunakan menjadi penahan panas (isolator) supaya suhu tubuh burung tetap stabil. Lemak pula berfungsi sebagai pelapis organ tubuh terhadap benturan asal luar. Lemak pula dapat berfungsi sebagai cadangan energi bagi tubuh merpati balap apabila cadangan karbohidrat dalam tubuh merpati menipis.

Selain itu lemak juga dipergunakan untuk membentuk hormon sexualitas dan hormon-hormon lainnya yang diperlukan bagi merpati balap. Misalnya jagung yang banyak mengandung lemak, umumnya jagung kecil atau biasa diklaim jagung Madura.

4. Vitamin

Vitamin berperan penting dalam merawat merpati balap menjadi katalisator (mediator) proses metabolisme pada tubuh. ada 2 jenis vitamin yaitu vitamin yg larut dalam air mirip vitamin C serta sebagian besar vitamin B, vitamin yang larut pada lemak yaitu vitamin A, D, E dan K.

Vitamin poly ada pada butir-buahan serta hanya sedikit pada biji-bijian. oleh sebab itu burung merpati balap membutuhkan vitamin tambahan asal luar, mirip vitamin A, vitamin B kompleks dan vitamin C, D serta vitamin E.

5. Mineral

Selain kandungan-kandungan di atas, merawat merpati balap juga sangat membutuhkan mineral. Mineral diperlukan tubuh sprinter buat metabolisme, kerja otot dan proses impuls saraf. Mineral terutama Ca ( kalsium ) sangat krusial dalam pembentukan tulang serta reflex otot-otot merpati tinggian. Untuk merpati betina, mineral bisa membuat kerabang telur menjadi lebih kuat.

Kalsium banyak ditemukan pada tulang ikan, rumah siput, cangkang kepiting serta kerabang telur. dalam penyajiannya cukuplah sederhana, cangkang kepiting atau kerabang telur disimpan di atas seng kemudian dipanaskan di atas bara api supaya bakteri serta cacing yang melekat mati, dan juga kerabang telur dapat ditumbuk. Ditumbuk dan disimpan secara terpisah oleh pakan sebagai asinan bagi merpati tinggian dan juga pasangannya.

Sekian pembahasan mengenai bagaimana cara merawat merpati balap yang bisa anda lakukan dirumah. Cukup mudah dan hanya membutuhkan konsisten agar anda dapat mencetak atlet burung merpati balap yang bagus. Terima Kasih…

error: This content is protected by DMCA