Berikut Ciri-Ciri Ikan Mas Jantan Dan betina

dewitani.com – Ciri-Ciri Ikan Mas Jantan Dan betina – Secara morfologis, ikan mas memiliki bentuk tubuh agak memanjang dam memipih tegak. Mulut ikan jenis ini terletak di ujung tengah dan dapat disembulkan. Bagian anterior mulut terdapat dua pasang sungut berukuran pendek. Secara umum, hampir seluruh tubuh ikan mas diselimuti oleh sisik dan hanya sebagian kecil saja yang tidak ditutupi sisik.

Sisik ikan mas berukuran relatif besar dan digolongkan ke dalam tipe sisik sikloid berwarna hijau, biru, merah, kuning keemasan atau kombinasi dari warna-warna tersebut sesuai dengan rasnya.

Ikan mas berbadan panjang dengan perbandingkan antara panajang total dengan tinggi badan 3 : 1. Apabila dipotong di bagian tengah badannya memiliki perbandingan antara tinggi badan dan lebar badan 3 : 2. Warna tubuh ikan mas juga tergantung dari varitas, ada yang berwarna merah, kuning, abu-abu, kehijauan, dan ada juga yang berwarna belang.

Ikan mas memiliki lima buah sirip, yaitu sirip punggung, sirip dada, sirip perut, sirip dubur, dan sirip ekor. Sirip punggung panjang terletak di bagian punggung. Sirip dada sepasang terletak di belakang tutup insang, dengan satu jari-jari keras, dan yang lainnya berjari-jari lemah. Sirip perut hanya satu terletak pada perut. Sirip dubur hanya terletak di belakang dubur. Sirip ekor juga hanya satu, terletak di belakang, dengan bentuk cagak.

Ciri-ciri Ikan Mas Jantan dan Betina

Membedakan ikan mas jantan dan betina tidak lah terlalu sulit, bagi pembudidaya yang sudah berpengalaman hanya dengan melihat tanda-tanda dari luar dia sudah tahu mana yang jantan atapun betina, namun untuk memastikan apakah ikan tersebut benar-benar jantan atau betina Anda perlu mengetahui ciri-cirinya secara jelas. berikut ini 4 perbedaan ikan mas jantang dan ikan mas betina :

  1. Ukuran TubuhUntuk ukuran tubuh, ikan mas betina lebih besar dibandingkan dengan ikan mas jantan. Apabila sudah siap untuk dipijahkan biasanya ikan mas betina bentuk tubuhnya akan semakin besar dengan ciri perutnya semakin membulat dan pergerakannya agak melambat. Adapun untuk ikan mas jantan bentuk tubuhnya sedikit lebih ramping dan pergerakannya lebih lincah dan cepat dibandingkan ikan mas betina.
  2. Cairan Ikan mas Jantan dan betina berbedaApabila ikan mas betina perutnya distriping maka akan mengeluarkan cairan berwarna kuning sedangkan untuk yang jantan akan mengeluarkan cairan peju berwarna putih.
  3. Morfologi Ikan MasIkan mas jantan memiliki bintik-bintik putih kecil di pelindung insang dan untuk betina tidak memiliki.
  4. Bentuk DuburIkan mas jantan bentuk duburnya terlihat lebih sempit sedangkan ikan mas betina terlihat lebih besar dan terlihat membengkak. pembengkakan ini pertanda jika sel telu sudah mulai matang.
  Analisa Keuntungan Budidaya Pembenihan Belut

Sekian dan terimaksih seImoga artikel “Berikut Ciri-Ciri Ikan Mas Jantan Dan betina” ini bermanfaat bagi para pembaca semua

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA