Fakta Menarik Sugar Glider yang Jarang Diketahiu!

dewitani.com – Fakta Menarik Sugar Glider – Bagi kebanyakan orang, memelihara kucing, anjing, kelinci, ikan, atau burung adalah hal yang biasa. Apakah anda ingin mencoba sesuatu yang lain? silahkan bisa coba Sugar Glider.

Ya, memang banyak yang tertarik memelihara sugar glider beberapa tahun belakangan ini. Tidak hanya dia imut, tetapi dia juga memiliki kemampuan untuk melompat-lompat.

Tahukah kamu fakta menarik tentang sugar glider? Apakah anda percaya sugar glider bisa melompat lebih dari 50 meter? Yuk simak jawabannya di bawah ini.

1. Sugar Glider Bisa melompat sampai 50 meter

fakta menarik sugar glider

Meskipun sangat kecil dengan panjang 24-30 cm dan berat 115-140 g, pada kenyataannya hewan ini dapat melompat hingga 50 meter (150 kaki). Kemampuan melompat ini digunakan untuk menghindari pemangsa, mencari makanan, dan melompat dari satu titik ke titik lain di habitat aslinya.

Lompat dengan kaki depan dan belakang terbuka lebar. Sugar glider juga dapat berpindah ke suatu lokasi tujuan dengan menggerakan anggota tubuhnya. Misalnya, saat ingin berbelok ke kiri, sugar glider akan menurunkan lengan kirinya begitu pula sebaliknya.

2. Sugar Glider Rahasia nama sugar glider

fakta menarik sugar glider

Mau tahu kenapa hewan ini disebut sugar glider? Selidiki kalibrasi. Jelas ini ada hubungannya dengan kebiasaan makan! Sugar glider suka makan makanan manis seperti buah-buahan dan sayuran segar. Sugar glider juga memakan nektar, serangga, telur burung, dan kadal di habitat aslinya.

Glider, di sisi lain dinamai slide di antara kaki. Selaput ini memanjang dari pergelangan tangan ke pergelangan kaki, memungkinkannya meluncur dari satu tempat ke tempat lain.

3. Sugar Glider Mirip tupai terbang

fakta menarik sugar glider

Sugar glider (Petaurus breviceps) dikenal memiliki selaput antara kaki depan dan kaki belakangnya. Karena penampilan dan kebiasaan mereka yang sangat mirip, hewan ini adalah dua spesies yang sering dianggap sebagai tupai terbang. Sebagai referensi, gambar kiri adalah tupai terbang dan gambar kanan adalah sugar glider.

Perbedaan antara keduanya bahwa sugar glider adalah hewan berkantung dan tupai terbang adalah hewan pengerat. Sugar glider memiliki garis-garis dan pola khas di bagian atas kepalanya, sedangkan tupai terbang terlihat polos tanpa pola apapun. Tidak seperti ekor tupai terbang yang datar, ramping dan lembut, ekor sugar glider lebih tebal.

Baca Juga : 20 Cara Menjinakan Sugar Glider

4. Sugar Glider Dapat hidup hingga 10 tahun

fakta menarik sugar glider

Sugar glider seperti cabai rawit kecil. Bukti menunjukkan bahwa hewan ini dapat hidup hingga 9-10 tahun. Namun, dengan perawatan yang tepat, itu bisa bertahan hingga usia 12-15 tahun.

Usia ini biasanya sama dengan umur anjing atau kucing peliharaan. Di sisi lain, sugar glider memiliki umur yang lebih pendek jika mereka hidup di alam atau di habitat aslinya. Hal ini disebabkan gangguan dari predator alami seperti ular, kucing liar, rubah dan burung hantu.

5. Masa kehamilan Sugar Glider yang singkat

fakta menarik sugar glider

Biasanya, sugar glider jantan mencapai kematangan reproduksi pada usia 4-12 bulan, sedangkan betina mencapai usia 8-12 bulan. Di alam liar, sugar glider berkembang biak dua kali setahun. Namun, di penangkaran, sugar glider berkembang biak lebih dari satu kali karena mereka hidup di tempat yang aman dan terlindungi.

  Jenis Kucing Persia Beserta Fakta dan Harga Tahun 2022

Sekitar 81% sugar glider melahirkan dua anak sekaligus, dan 19% melahirkan satu anak dalam satu waktu. Masa kehamilannya sangat singkat, hanya 15-17 hari saja. Selain itu, berat bayi hanya 0,2 gram dan akan muat di saku ibu selama 8-10 minggu ke depan.

6. Sugar glider hewan nokturnal

Di habitat aslinya, sugar glider merupakan hewan nokturnal yang aktif di malam hari. Mereka biasanya tidur di siang hari dan hanya aktif di malam hari. Mata besar mereka membantu mereka melihat lebih jelas di malam hari, dan telinga mereka berputar untuk mencari mangsa dalam kegelapan.

Namun, ketika dipelihara sebagai hewan peliharaan, sugar glider dapat mengubah pola tidurnya. Hal ini dikarenakan manusia biasanya aktif pada siang hari, sehingga suara aktifitas pada siang hari akan mengganggu pola tidur sugar glider.

7. Sugar glider memiliki kantong di perutnya

fakta menarik sugar glider

Seperti kanguru dan hewan berkantung lainnya, sugar glider memiliki kantong di perutnya. Hanya sugar glider betina yang memiliki kantong ini, yang digunakan untuk melindungi, memelihara, dan membawa anak-anaknya. Kantung ini terletak di perut dan dapat mengembang atau mengempis secara fleksibel.

Ketika anak sugar glider lahir, ia merangkak ke dalam kantong induknya. Di kantong-kantong itu mereka masih hangat dan tumbuh normal. Rata-rata anak sugar glider tinggal di kantong induknya selama 8-10 minggu hingga siap hidup di luar.

8. Sugar glider sebagai hewan peliharaan

Penyimpanan diperbolehkan di Indonesia, tetapi pada kenyataannya, penyimpanan sugar glider dilarang di beberapa daerah. Faktanya, sugar glider ilegal di Alaska dan California, tetapi memerlukan izin khusus untuk dipelihara di Pennsylvania atau Massachusetts. Jadi, sebelum memelihara, pastikan sugar glider tidak dilarang di tempat anda.

Sebelum mereka mulai dipelihara, sugar glider hidup di alam liar dan bukan hewan peliharaan. Banyak pemilik yang tidak mengetahui hal ini dan mulai memberikan makanan hewan peliharaan secara teratur kepada sugar glider. Anda perlu memahami bahwa sugar glider membutuhkan makanan yang sama dengan yang mereka makan di alam liar.

Memberi gula terlalu banyak pada sugar glider meningkatkan risiko obesitas dan membuat mereka rentan terhadap berbagai penyakit. Jadi, anda harus tahu tentang ini.

Nah, demikian ulasan singkat mengenai fakta menarik sugar glider yang jarang orang ketahui. Semoga bisa menambah wawasan anda para pembaca setia dewitani.com. Terima Kasih.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA