Inilah Cara Merawat Anakan Kelinci Yang di Tinggal Mati Induknya

dewitani.com – Cara Merawat Anakan Kelinci – Tidak segala hal dapat berjalan sesuai dengan gagasan. Termasuk juga di saat induk kelinci melahirkan, kadang kita menemui bayi-bayi kelinci yang tidak terurus tidak terawat sebab unsur si induk wafat atau unsur induk baru (newbie).

Akhirnya mereka tidak memperoleh makanan penting yakni susu dari si induk. Oleh karena itu kita untuk pembudidaya selalu harus siap untuk kerja tambahan dalam mengatur bayi-bayi kelinci yang tidak terurus itu. Langkah yang sangat perlu dikerjakan ialah persiapan kita dalam belajar.

Mengapa Induk Kelinci Tidak Ingin Menyusui ? Sebelumnya kita mengulas mengenai langkah menjaga bayi kelinci yang tidak terurus, kita perlu tahu jika pemicu penting persoalan ini ialah sebab si induk wafat atau sebab si induk masih baru pertama-tama melahirkan (newbie).

Tetapi jangan cemas sebab pada artikel kesempatan ini kita akan mengulas bagaimanakah cara menjaga bayi kelinci yang tidak mendapatkan susu induknya.

Menjaga Bayi Kelinci yang Tidak Memperoleh Susu Induknya

Cari Induk Alternatif Cari induk alternatif ialah langkah termudah dilaksanakan sebab kita tak perlu keluarkan beberapa waktu selalu untuk jaga si bayi. Namun masalah dari langkah ini ialah kadang kita tidak punyai indukan kelinci yang lain tengah menyusui.

Beda ceritanya dengan beberapa peternak yang telah mempunyai banyak indukan.Umumnya mereka memiliki siklus perkawinan serta melahirkan kelinci yang hampir bertepatan, hingga saat ada 1 induk mati dapat dengan gampang menemukan indukan lain untuk bayi kelinci yang ditinggal mati.

Langkah ini dapat juga anda kerjakan jika ada induk kelinci yang baru pertama-tama melahirkan. Sering induk kelinci yang baru tidak ingin menyusui bayinya, yang ada malah mencapai serta membunuh si bayi. Bila ada pertanda demikian kita harus selekasnya ambil aksi. Harus kita harus pisahkan si induk dari bayi. Lantas cari induk alternatif untuk si bayi itu.

Lihat Jumlah Bayi yang Diberikan

Bila anda punyai 3 ekor induk yang sedang menyusui, selanjutnya salah satunya mati atau tidak ingin menyusui karena itu berarti anda masih punyai 2 ekor induk alternatif. Coba untuk jumlah bayi yang akan diberikan pada semasing dari dua induk alternatif itu. Jangan dipasrahkan seutuhnya ke 1 induk alternatif saja. Ini mempunyai tujuan supaya tiap bayi memperoleh bagian susu yang serupa.

Bila bayi yang ditinggal mati sejumlah 6 ekor, karena itu bagilah jadi 2 yakni 3 bayi pada induk A serta 3 bayi lagi pada induk B. Tetapi pasti kita perlu memerhatikan jumlah bayi penting pada induk alternatif. Susunlah agar jumlah pada akhirnya tidak banyak pada salah satunya induk alternatif.

Mengolesi Minyak Wangi

Umumnya induk alternatif akan menampik bayi kelinci yang diberikan dengan fakta wewangian dari bayi itu berasa asing.Oleh karenanya yang penting anda kerjakan ialah keluarkan si induk alternatif itu dari dalam kandang sesaat serta mengolesinya dengan minyak wangi pada indera penciumanya.

Di saat induk alternatif ada di luar kandang ialah saat yang cocok untuk kita untuk memasukkan bayi titipan ke sarang. Ini mempunyai tujuan supaya si induk tidak menyaksikannya. Seterusnya selekasnya input kembali lagi si induk alternatif ke kandang sebelumnya supaya bisa kembali lagi menjaga si bayi. Lihat supaya tidak lama pisahkan si induk dengan bayi.

  Cara Menanam Dan Budidaya Pegagan Di Dalam Pot Hias di Rumah

Memberikan Susu Alternatif

Memberikan Susu Alternatif Jika anda tidak mempunyai induk alternatif karena itu anda dapat ikuti langkah kedua yakni dengan memberi susu alternatif. Berbeda dengan pertama yang cukup sederhana, langkah ke 2 ini memerlukan ketekunan serta cukup mengambil alih waktu anda untuk selalu memerhatikan bayi kelinci. Sebab otomatis anda akan gantikan peranan si induk.

Oke yang penting diingat ialah : Cari Susu yang Pas

Referensi pertama yang dapat dilakukan ialah cari susu kucing. Susu ini dapat dengan gampang kita peroleh di toko peralatan binatang (pet Shop). Tetapi bila tidak ada anda dapat memberi susu formula bayi yang terdapat banyak di pasar. Lihat tanggal kadaluarsa dan penting untuk memerhatikan merek “free lactosa”.

Susu Formula bayi jangan asal-asalan, harus betul-betul bebas dari laktosa. Ini sebab pada pencernaan kelinci tidak menghasilkan laktase hingga tidak dapat mengolah laktosa. Bila anda terus memaksakan maka menyebabkan kurang baik pada kelinci, berbentuk kembung lantas si bayi malah mati.

Susu selanjutnya yang dapat anda beri ialah susu kambing serta susu sapi murni (bukan paket). Belilah di pasar berbentuk susu fresh.

Catatan : untuk semua susu jangan ditambah gula sedikitpun. Sebab kelinci tidak dapat mengolah glukosa.

Mengendalikan Agenda Pemberian Susu

Dengan cara Alami induk kelinci memberi susu pada bayinya 2x dalam satu hari yakni pada sebelumnya keluar fajar serta sesudah tenggelam fajar. Tetapi anda dapat memberi susu 3-4 kali dalam satu hari, mengatur sendiri agenda anda. Upayakan agenda dibikin teratur serta terus.

Membuat Alat Sepet Sendiri

Alat sepet ini dapat kita bikin sendiri memakai alat suntik yang telah diubah dengan melepas jarum suntik serta mengubahnya dengan ujung karet pentil yang ukuranya cocok degan mulut bayi kelinci.

Beri susu dengan cara perlahan-lahan jangan begitu tergesa-gesa. Lihat janganlah sampai terserang hidung kelinci sebab dapat terhirup serta kelinci terselak. Kecelakaan remeh ini dapat menyebabkan kelinci mati.

Saat Kelinci telah berumur dua minggu anda dapat terus memakai alat sepet ini atau dapat beli dot susu untuk binatang di pet shop.

Mengurut Perut Bayi Kelinci

Dengan alamiah si induk kelinci akan menjilati perut bayinya setelah dia disusui. Pekerjaan ini mempunyai tujuan untuk menolong merangsang pencernaan bayi supaya bisa keluarkan kotoran. Nah sebab si induk telah tanpa, karena itu pekerjaan ini harus anda kerjakan.

Triknya dengan memakai kapas yang telah di celupkan dengan air hangat lantas peras sampai 1/2 basah. Selanjutnya gosokkan sekalian didesak serta diurut perlahan pada perut bayi kelinci. Kerjakan tiap usai memberi susu.

Kelebihan langkah kedua ialah saat kelinci telah terlatih dengan anda, tiap hari mendapatkan susu dari tangan anda, terlatih disentuh serta diurut jadi tidak tutup peluang kelinci dapat jinak dengan anda. Tentunya saat hal tersebut berlangsung bisa menjadi benar-benar menggekan kelinci anda. Janganlah lupa menamai panggilan supaya ia ingin dipanggil.

Demikian pembahasan kita mengenai Cara Merawat Anakan Kelinci Yang di Tinggal Mati Induknya. Semoga bermanfaat…

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA