Kandang Kambing Modern Baja Ringan

dewitani.comKandang Kambing Modern – Tidak hanya untuk mempermudah proses peternakan, kandang kambing modern ini juga berpotensi meningkatkan efisiensi penggemukan. tertarik? Yuk Simak…

Mengapa Kandang Kambing Modern Perlu?

Banyak yang masih beranggapan bahwa kandang kambing hanyalah tempat untuk menyimpan atau menampung hewan-hewan tersebut. Tidak sedikit yang menganggap setara antara kandang dan gudang.

Disinilah faktor kunci kualitas kambing anda dapat tumbuh dengan baik dan meningkatkan keuntungan anda. Kandang kambing yang baik, pada dasarnya mampu menghindari segala bahaya kesehatan, kebersihan ternak dan pengendalian penyakit.

Kemudian dengan desain kandang kambing yang modern, Anda diberikan keuntungan melakukan segala sesuatu dengan lebih mudah dan efisien. Perhatikan bahwa waktu dan energi Anda sangat berharga.

Bagi anda yang menjadikan peternakan sebagai usaha sampingan, kandang modern akan sangat memudahkan anda. Demikian pula, mereka yang bekerja penuh waktu sebagai peternak, dapat memperoleh keuntungan berlipat ganda.

kandang kambing modern

Ada 3 keunggulan yang bisa Anda dapatkan dengan mudah dengan kandang kambing modern :

  • Produk hewani yang sehat dan berkualitas tinggi
  • urin yang dapat diolah dan diubah menjadi pupuk organik cair
  • Kompos

Semuanya terintegrasi untuk mendapatkan akses yang mudah.

  Panduan Praktis Cara Membuat Kandang Kambing Bagi Pemula

Cara Membuat Kandangnya

kandang kambing modern

Kandang kambing berbentuk panggung dengan material yang kuat

Salah satu yang diharuskan untuk kandang ternak modern adalah bentuk panggung. Mengapa panggung? Karena hal ini akan memudahkan Anda untuk membersihkan kandang dari kotoran dan sumber penyakit. Karena dibuat di atas panggung, pastikan menggunakan bahan yang kokoh dan tahan lama untuk segala kondisi.

Bahan baja ringan bisa Anda pertimbangkan, karena selain kuat dan tahan lama, baja ringan merupakan bahan yang mudah dibersihkan dibandingkan bahan organik lainnya.

Ukuran kandang yang cocok untuk penggemukan

Ukuran ideal kandang modern tentu saja tergantung pada jumlah hewan ternak yang ingin Anda pelihara. Namun, perbandingan berikut dapat memperjelas kandang kambing yang ideal untuk kasus Anda. Lebar optimal yang dapat digunakan adalah 110cm dan panjang 160cm untuk enam ekor kambing.

Tinggi kandang teater 75 cm, tinggi kandang dari lantai ke permukaan sekitar 170 cm di depan dan 160 cm di belakang. Dengan cara ini, kemiringan atap kandang sekitar 25 cm sehingga melepaskan air hujan yang jatuh.

Lantai kandang jenis panggung

Jangan gunakan papan yang rapat untuk lantai kandang. Gunakan lantai relung yang menyesuaikan dengan jarak lantai agar tidak terlalu lebar dan tidak terlalu sempit. Hal ini membuat kompos lebih mudah rontok dan tidak tersangkut di kandang, namun tidak menyebabkan kaki kambing terjepit di antara keduanya.

Lantai Dasar Di Bawah Lantai Kandang

kandang kambing modern

Disarankan agar lantai dasar dicor atau disemen untuk ketahanan pondasi kandang dan untuk memudahkan pembersihan kotoran. Lantai dasar miring ke arah belakang kandang untuk aliran air selama pembersihan. Anda dapat membuat tangki urin kambing untuk digunakan sebagai pupuk dan meningkatkan keuntungan Anda.

  Cara Menentukan Umur Kambing atau Domba Dari Susunan Gigi

Tempat makan / Tinggi tempat makan

Ketinggian pakan disesuaikan dengan jenis kambing, karena jenis kambing yang berbeda memiliki ukuran tubuh yang berbeda. Dengan memberikan tinggi yang pas, kambing akan merasa nyaman saat makan dan mempengaruhi efek penggemukan.

Kanopi atau atap kandang

Plafon kandang kambing modern bisa berukuran 170 cm dari lantai kandang atau dimodifikasi sesuai kebutuhan agar bisa lebih leluasa bergerak.

Demikian pembahasan singkat mengenai kandang kambing modern yang bisa sangat membantu para peternak dalam menjaga kesehatan hewan ternak yang dipelihara. Terima Kasih…

error: This content is protected by DMCA