4 Jenis Makanan Burung Gereja Anakan Agar Tumbuh Sehat

dewitani.comMakanan Burung Gereja – Jika Anda seorang pecinta burung, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya burung gereja. Ya, hampir setiap daerah memiliki burung yang satu ini. Karena populasinya yang tinggi dan reproduksi yang cepat, kita melihat burung ini di mana-mana. Terlepas dari populasinya, burung ini dicirikan oleh ukurannya yang kecil.

Untuk warnanya sama, ciri khas mereka berwarna coklat ke abu-abu, dengan tubuh gemuk, ekor pendek dan paruh yang kuat. Kadang-kadang dapat ditemukan di pohon-pohon yang rindang seperti pohon mangga, rambutan dan pohon sejenisnya. Biasanya, burung gereja ini juga dapat ditemukan di sawah, karena mereka mencari biji-bijian dan beras untuk membangun sarang mereka.

Di sarang-sarang ini, burung-burung ini bertelur, dan ketika mereka menetas, anakan burung gereja akan tinggal indukannya. Namun, karena beberapa alasan, anak burung gereja biasanya jatuh dari sarangnya dan biasanya ditemukan oleh seseorang. Hampir semua orang pernah mengalami hal ini.

Ada kalanya ingin memelihara burung gereja, namun kurangnya pengetahuan dan pengalaman membuat sulit untuk memutuskan makanan apa yang akan diberikan kepada burung gereja ini. Nah, untuk menambah pengetahuan agar tidak bingung cara memberi makan burung gereja saat melihatnya, pada artikel kali ini akan memberikan beberapa rekomendasi untuk burung gereja anakan yang bergizi.

Langsung saja tanpa berlama-lama. Berikut pembahasan lebih lengkapnya.

Makanan Burung Gereja Anakan

Pada dasarnya, jenis yang Anda berikan kepada burung gereja anakan dengan burung gereja dewasa. Namun, ada perlakuan yang sedikit berbeda dalam hal memberi makan burung.

Bisa jadi karena perbedaan fisik dan burung gereja tidak bisa makan apapun yang terlalu besar. Karena itu, sebelum memberi makan, periksa dulu kondisi anak burung gereja. Apakah ada luka di tubuhnya, terutama di kepalanya? Kemudian periksa juga perkiraan usia burung tersebut. Juga, periksa kondisi mulutnya.

  Inilah Arti Burung Gereja Masuk Kedalam Rumah Menurut Islam

Anda pikir Anda bisa mendapatkan makanan dalam jumlah besar dengan mulut seperti itu, tetapi jika tidak, coba cari tahu seberapa besar burung itu memakan makanan yang Anda berikan.  Jika semuanya sudah baru beri makan burung gereja, tetapi tumbuk terlebih dahulu sampai lunak sebelum diberikan makan ke burung tersebut.

Kemudian beri makan menggunakan suntikan tanpa jarum dan ujung suntikan diberi karet. Ada banyak jenis makanan burung gereja anakan, berikut :

1. Padi atau beras putih

Makanan pertama adalah nasi putih yang mudah didapat. Hampir setiap rumah pasti memiliki nasi putih. Dengan nasi putih, anak burung gereja mendapatkan tambahan protein. Untuk memberikannya, hancurkan terlebih dahulu nasi putihnya dan berikan kepada anak burung gereja.

2. Jagung

Selanjutnya adalah jagung. Dengan jagung, anak burung gereja akan mendapat nutrisi dan gizi yang baik untuk pertumbuhan. Seperti halnya nasi, jangan lupa untuk menghaluskan jagung sebelum memberikannya kepada burung untuk dimakan.

3. Beras Merah

Ketiga adalah beras merah, seperti halnya beras putih, beras merah kaya akan protein dan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan burung gereja. Tidak hanya itu, menggunakan beras merah akan membuat burung Anda gacor berkualitas baik saat sudah besar.

Selain banyak nutrisi, beras merah memberi burung banyak stamina. Seperti makanan lainnya, haluskan terlebih dahulu, lalu tambahkan sedikit air untuk memudahkan anak burung memakannya.

  Trik Jitu Ternak Lovebird Agar Bertelur dan Menetas Semua

4. Serangga

Tidak dapat disangkal bahwa serangga mengandung banyak protein alami yang baik untuk perkembangan anak burung gereja. Selain biji-bijian, serangga merupakan alternatif lain untuk persediaan makanan.

Serangga yang biasa diberikan adalah jangkrik, belalang dan kroto. Untuk diberikan kepada anak burung gereja, ambil perut cacingnya, campurkan dengan campuran beras, jagung atau beras merah, dan berikan kepada anak burung gereja.

Itulah tadi beberepa rekomendasi untuk makanan burung gereja anakan agar dapat tumbuh besar dan sehat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terima Kasih…

error: This content is protected by DMCA