Makanan Ikan Arwana Terbaik dan Cara Memeliharanya

dewitani.comMakanan Ikan Arwana – Budidaya ikan arwana adalah salah satu hobi favorit banyak orang. Selain bentuknya yang unik dan cantik, memelihara ikan arwana juga cenderung mudah. Ada banyak jenis ikan arwana yang bisa Anda pilih sebagai hewan peliharaan di rumah.

Bagi sebagian orang, memelihara ikan arwana sudah menjadi gaya hidup dimana semakin mahal dan langka ikan arwana yang mereka pelihara maka semakin berharga seseorang di mata pecinta ikan arwana lainnya. Maka tak heran jika banyak orang yang rela merogoh kocek hingga puluhan juta untuk membeli ikan arwana. Dalam hal ini, ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan hias yang dibandrol dengan harga fantastis hingga puluhan juta.

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat memelihara ikan arwana adalah memilih makanan yang tepat untuk menjamin pertumbuhan dan kesehatan ikan. Selain mengetahui harga ikan arwana, sebelum memeliharanya anda juga perlu mengetahui jenis makanan apa saja yang tentunya harus dijaga agar ikan yang anda pelihara dapat hidup dengan baik dan sehat.

Makanan Ikan Arwana

Tahukah Anda bahwa ada banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa variasi pakan dapat menyebabkan pertumbuhan yang sama di antara benih ikan arwana. Setiap ikan membutuhkan kadar protein yang berbeda untuk pertumbuhannya dan juga dipengaruhi oleh umur atau ukuran ikan. Namun pada umumnya ikan membutuhkan sekitar 35-50% protein dalam pakannya.

Dalam hal ini pakan alami merupakan pilihan terbaik untuk benih ikan arwana karena mengandung protein yang tinggi seperti jangkrik, jentik dan cacing darah.

Bagaimana Cara Memelihara Ikan Arwana ?

1. Persiapan Kolam

Cara memelihara ikan arwana yang pertama adalah dengan mempersiapkan kolam terlebih dahulu, pastikan kolam memiliki beberapa jenis tanah lempung, kemiringan saluran masuk dan keluar maksimal 1 persen dan ukuran 10×10 meter. Kolam dikeringkan terlebih dahulu menggunakan pompa diesel dan dibersihkan dari rumput-rumput dan ganggang.

Disarankan juga untuk membersihkan lumpur dengan bambu yang dimodifikasi menjadi alat sapu untuk rumput. Kolam dijemur di bawah terik matahari selama dua hari sampai tanah benar-benar bebas air. Selanjutnya air diisi hingga ketinggian 1,5 m dan dibiarkan selama tiga hari sebelum dimasukkan induk.

2. Perhatikan Kualitas Air

Cara memelihara ikan arwana selanjutnya dengan memperhatikan kualitas air. Parameter kualitas air untuk ikan arwana sangat penting, terutama suhu dan pH di kolam. Suhu di kolam harus antara 27-29°C dan pH harus antara 6,5-7,5. Air diganti dengan 30-34% dari total volume dengan air deklorinasi.

  Jelaskan cara pembenihan ikan hias

3. Pilih Indukan yang Berkualitas

Selanjutnya, pilihlah indukan yang baik. Pemilihan indukan pemijahan ikan arwana harus memperhatikan ras murni, morfologi, umur induk, bobot badan dan kesehatan. Induk yang Berkualitas dapat dilihat dari tingkat kematangan gonad.

Ciri-ciri induk betina matang gonad yaitu perut mulai turun, usus membesar dan warna cerah bila di dalam kolam, bila dilihat dari tingkah laku induk betina kepala betina menghadap ke atas (hiatus), sedangkan pada induk jantan dewasa, gonadnya menggugah selera. Ia menurunkannya sampai tidak mau makan dan warna tubuhnya jauh lebih cerah dari biasanya.

4. Pakan

Ada empat jenis pakan yang digunakan untuk pemijahan yaitu jangkrik, ulat jerman, udang beku tanpa kulit dan katak hidup. Karena pakan hidup merupakan jenis pakan utama bagi Arwana sebagai ikan karnivora. Pakan yang diberikan kepada ikan budidaya harus bervariasi untuk mengurangi risiko beberapa ikan arwana kekurangan gizi.

5. Proses Pemijahan Alami

Teknik pemijahan alami dengan kondisi kolam yang mirip dengan habitat aslinya. Ikan arwana yang bertelur dapat dilihat dari cara mereka berenang berpasangan dan memisahkan diri dari kelompoknya, biasanya dilihat dengan ciri-ciri berenangnya di tepi kolam.

Pasangan yang telah berenang bersama akan saling menjaga. Indukan yang berpasangan akan berkelahi jika salah satu induk lain campur tangan atau mendekati mereka. Tidak hanya terjadi pemijahan, rangsangan dari luar seperti curah hujan, suhu dan kondisi air akan mempengaruhi rangsangan induk betina untuk mengeluarkan telur. Suhu optimum untuk pemijahan arwana adalah 27°C.

Pemijahan arwana dilakukan dengan fertilisasi eksternal atau pembuahan diluar tubuh. Ibu betina akan melepaskan sel telur dan kemudian induk jantan akan melepaskan sperma untuk membuahi sel telur.

Induk jantan menyimpan telur yang telah dibuahi di dalam mulut selama dua bulan, selama waktu tersebut induk jantan tidak makan atau berpuasa. Mulut induk jantan menjadi lebih besar dan rahang bawah membengkak. Telur akan disimpan di mulut induk jantan sampai menetas menjadi larva.

  Umpan Jitu untuk ikan Mas Yang susah makan

Setelah bisa berenang pada usia sekitar dua minggu, larva muntah dari mulut induk jantan. Jika dibiarkan, larva yang baru menetas dapat dimakan kembali oleh induknya atau dimangsa arwana dewasa lainnya. Oleh karena itu, larva perlu dipanen secara paksa sebelum masa inkubasi berakhir.

6. Proses panen

Induk yang mengerami telur dipanen kemudian diseleksi. Cara mengeluarkan telur dari mulut Ikan harus di dalam air. Pertama, putar ikan sampai keadaan ikan tenang, dan salah satu mata ikan harus ditutup dengan selembar kain.

Mulut ikan harus dibuka lebar agar telur keluar dari dalam tanpa terkena bibir dan gigi ikan, dan harus dikeluarkan sekali saja agar tidak merusak telur. Dari data yang diperoleh, hasil panen yang bisa didapatkan dalam siklus ini adalah 40 ekor.

Sekian pembahasa mengenai makanan ikan arwana dan bagaimana cara memeliharanya. Semoga bisa bermanfaat nbagi para pecinta ikan hias yang satu ini. Terima Kasih…

error: This content is protected by DMCA