Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh, Penting!

dewitani.comManfaat Buah Alpukat – Khasiat buah alpukat untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Manfaat tersebut berasal dari berbagai nutrisi yang terkandung dalam buah hijau ini. Alpukat tidak hanya bergizi, namun juga rasanya enak, dan cocok untuk semua orang.

Alpukat dikenal karena kandungan lemaknya yang baik, yaitu lemak tak jenuh tunggal. Buah alpukat juga mengandung serat, karbohidrat, dan protein yang penting untuk kesehatan tubuh. Selain nutrisi tersebut, alpukat mengandung kalium, magnesium, lutein, asam folat, dan berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

Ini dia manfaat buah alpukat

Berkat antioksidan dan berbagai nutrisi yang disebutkan di atas, alpukat memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa, di antaranya :

1. Menjaga Berat Badan

Alpukat mengandung karbohidrat dan serat, sehingga memakan buah ini akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Meski tinggi lemak, jenis lemak pada alpukat adalah lemak baik, sehingga berat badan Anda tidak akan cepat bertambah.

Namun, untuk menuai manfaat alpukat, disarankan untuk tidak berlebihan, karena kalorinya cukup tinggi, sekitar 150-200 kalori per buah. Disarankan juga untuk berolahraga secara teratur untuk menurunkan berat badan.

2. Jaga kesehatan jantung Anda

Alpukat merupakan sumber lemak, protein, dan serat yang sehat, serta berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk jantung. Penelitian telah menunjukkan bahwa diet tinggi buah-buahan dan sayuran, termasuk alpukat, dapat membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Kolesterol LDL yang terlalu tinggi berdampak buruk bagi kesehatan karena dapat menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung. Oleh karena itu, alpukat sangat bagus untuk mengatur kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

3. Jaga Kesehatan Mata Anda

Kandungan lutein dan zeaxanthin pada alpukat berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Keduanya berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah dan memperbaiki kerusakan mata.

Asupan lutein dan zeaxanthin yang tepat juga baik untuk mencegah penyakit mata yang disebabkan oleh penuaan, seperti katarak dan degenerasi makula.

  8 Cara Agar Alpukat Cepat Matang Dengan Alat Sederhana Dirumah

4. Pencegahan dan pengobatan sembelit

Asupan serat yang tidak mencukupi atau tidak minum cukup air dapat menyebabkan sembelit. Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi makanan berserat tinggi untuk mencegah atau mengobati sembelit, salah satunya adalah alpukat.

Untuk memaksimalkan manfaat alpukat untuk sembelit, dianjurkan untuk banyak minum air putih dan berolahraga secara teratur.

5. Kontrol Tekanan Darah

Alpukat kaya akan potasium. Mineral ini berguna untuk mengatur tekanan darah dan mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi). Kalium sangat bagus untuk menjaga irama jantung agar tetap teratur.

6. Mengurangi Risiko Kanker

Salah satu makanan sehat yang mengurangi risiko kanker adalah sayuran dan buah-buahan, termasuk alpukat. Hal ini karena alpukat mengandung berbagai nutrisi dan antioksidan yang baik untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti asam oleat, vitamin C, vitamin E, dan lutein.

Penelitian telah menunjukkan bahwa berbagai zat pelawan kanker ditemukan tidak hanya dalam alpukat, tetapi juga dalam biji-bijian. Namun, efektivitas manfaat alpukat tunggal ini masih harus dipelajari lebih lanjut.

Untuk meminimalkan risiko terkena kanker, penting untuk mempertahankan gaya hidup sehat, termasuk diet sehat, berhenti merokok, minum alkohol, dan olahraga teratur.

7. Pencegahan radang sendi

Alpukat adalah sumber antioksidan yang baik yang membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

Bahkan, satu penelitian menemukan bahwa makan alpukat bisa membantu mencegah perkembangan radang sendi (arthritis). Namun, manfaat alpukat masih perlu dipelajari lebih mendalam.

Selain berbagai manfaat di atas, alpukat merupakan makanan yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Alpukat mengandung asam folat, protein, lemak, dan vitamin, yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin dan memainkan peran penting dalam pemilihan buah-buahan yang meningkatkan darah.

Manfaat alpukat tidak hanya untuk ibu hamil tetapi juga untuk bayi dan anak-anak sangat baik. Kandungan nutrisi yang beragam pada buah alpukat membuat buah ini cocok dijadikan sebagai bahan pelengkap makanan. Mengkonsumsi alpukat dapat membantu mengelola kulit kering dari dalam ke luar. Alpukat juga bisa digunakan sebagai masker alami untuk menutrisi kulit wajah.

  Cara Menanam Alpukat Agar Cepat Berbuah

Ada begitu banyak manfaat kesehatan dari alpukat sehingga bukan ide yang buruk untuk memasukkan buah ini ke dalam diet harian Anda. Ya?

Alpukat bisa dimakan langsung atau diolah menjadi berbagai masakan, mulai dari jus, smoothies, sandwich atau bahan sandwich hingga es buah.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang manfaat alpukat, atau ingin makan alpukat tetapi memiliki kondisi tertentu yang membatasi pilihan makanan Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter Anda.

Itulah tadi 7 macam manfaat buah alpukat bagi tubuh kita. Semoga bermanfaat dan semoga kaliah sehat selalu…

error: This content is protected by DMCA