Manfaat Daun Pepaya Untuk kesehatan Tubuh

dewitani.com – Ini yang jarang diketahui beberapa  manfaat daun pepaya untuk kesehatan ibu menyusui Meskipun daun pepaya memiliki rasa pahit, banyak orang yang menyukainya. Karena dibalik rasanya yang pahit, ternyata banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan. Nah, untuk para ibu yang baru saja melahirkan dan sedang menyusui, daun pepaya bisa sangat bermanfaat untuk Anda.

Manfaat daun pepaya untuk ibu menyusui tentunya memperlancar ASI (air susu ibu). Ada banyak penambah ASI. Tetapi mencoba sesuatu yang alami tidak ada salahnya. Jika dirasa terlalu pahit untuk dijadikan jus dengan cara di blender, daun pepaya juga bisa diolah sebagai sayuran, misalnya direbus ,ditumis atau bisa juga di campurkan dalam penggorengan .

Berikut Beberapa Manfaat Daun Pepaya

Daun pepaya adalah daun yang berasal dari tanaman pepaya (Carica papaya) Daun pepaya muda yang sering diolah menjadi sayuran di beberapa daerah di Indonesia Daun pepaya muda sering diolah menjadi sayuran di beberapa daerah di Indonesia. Selain bisa diolah dan dijadikan makanan, daun pepaya juga bisa digunakan sebagai obat beberapa jenis penyakit. Jika daun pepaya dilipat dua, daun pepaya akan tampak sama. Selain bisa diolah dan dijadikan makanan, daun pepaya juga bisa digunakan sebagai obat beberapa jenis penyakit. Daun pepaya berbentuk seperti tangan manusia. Jika daun pepaya dilipat dua maka akan terlihat daun pepaya yang simetris.

  1. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat daun pepaya untuk kesehatan adalah untuk menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh ibu menyusui. Tentunya Anda tidak ingin sakit saat Anda sibuk mengurus anak? Daun pepaya mengandung fitonutrien yang dapat melindungi tubuh dari virus dan bakteri, seperti penyebab flu atau diare.

  1. Nafsu makan meningkat

Nah, itulah manfaat daun pepaya untuk kesehatan anak, yaitu untuk menambah nafsu makan anak yang sulit makan. Daun pepaya dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan bayi, sehingga ibu dapat mengonsumsi daun pepaya agar susu yang diminum bayi meningkatkan keinginan makannya.

  1. Meningkatkan pencernaan

Kandungan serat dalam daun pepaya juga sangat baik untuk memperlancar pencernaan ibu dan anak, serta mengatasi sembelit ibu.

  1. Menguatkan tulang dan gigi

Ada juga manfaat lain dari daun pepaya adalah untuk kesehatan tulang dan gigi. Daun pepaya dapat menguatkan tulang dan gigi bayi, serta mengandung zat besi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang ibu.

  1. Meningkatkan produksi sel darah merah

Untuk mencegah anemia pada ibu dan bayi, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi daun pepaya. Daun pepaya dapat meningkatkan produksi sel darah merah, sehingga ibu dan anak dapat terhindar dari anemia.

  1. Tubuh bugar

Daun pepaya juga bisa cocok untuk tubuh ibu dan bayi. Ibu yang sedang menyusui atau yang baru saja selesai melahirkan harus menyesuaikan dengan jadwal tidur si kecil. Agar tidak cepat lelah atau mudah sakit, daun pepaya bisa menjadi jawabannya. Air susu ibu yang diminum bayi Anda yang mengandung nutrisi dari daun pepaya dapat membuat bayi Anda lebih bugar sehingga tidak mudah kesal.

Tak terhitung banyaknya manfaat daun pepaya untuk kesehatan bayi, karena daun pepaya mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, karbohidrat dan kalsium, yang dapat memenuhi nutrisi bayi untuk tumbuh kembang.

  1. Mencegah kanker

Daun pepaya juga dipercaya dapat mencegah kanker, terutama pada tangkai daunnya yang mengandung getah berwarna putih yang dapat berperan sebagai zat anti kanker.

  1. Mengatasi diabetes

Daun pepaya juga mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah sehingga dapat mencegah atau mengobati penyakit diabetes.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Tidak hanya untuk menurunkan diabetes, manfaat daun pepaya lainnya untuk kesehatan juga menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini pada gilirannya dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta mencegah berbagai penyakit kardiovaskular.

  1. Meredakan nyeri haid

Daun pepaya juga mengandung khasiat pereda nyeri haid. Cukup rebus daun pepaya, tambahkan garam lalu tambahkan asam jawa. Saring dan minum air yang mengandung perasan daun pepaya. Mudah bukan?

  1. Mengatasi jerawat

Berikutnya manfaat daun pepaya untuk kesehatan kulit yaitu mengatasi jerawat. Bunda bisa membuat masker daun pepaya dengan mencampurkan daun pepaya dan air. Setelah membentuk pasta, oleskan ke area jerawat, biarkan selama 15 menit, lalu bilas.

  1. Detoksifikasi tubuh

Bagi yang ingin mengikuti pola makan sehat, daun pepaya juga sangat baik untuk detoksifikasi tubuh.

  1. Tubuh memanas

Jika Anda berada di tempat yang dingin atau cuaca tidak menentu, daun pepaya dapat membantu menghangatkan tubuh. Air susu ibu yang diminum bayi dari ibu yang mengonsumsi daun pepaya dapat membuat tubuh bayi lebih hangat dan nyaman.

  1. Membantu pertumbuhan rambut

Selanjutnya adalah manfaat daun pepaya untuk rambut. Hal ini dikarenakan daun pepaya mengandung fitokimia yang dapat membantu dalam pertumbuhan rambut, serta merawat rambut rusak seperti rambut rontok, rapuh, kulit kepala kering dan gatal dan lain-lain.

  1. Pengobatan demam berdarah

Daun pepaya juga dipercaya dapat mengobati demam berdarah. Itu karena daun pepaya mengandung zat anti malaria. Ibu rebus hanya lima lembar daun pepaya, minum air perasannya dan biarkan hingga dingin.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Jangan salah, ternyata manfaat daun pepaya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit lho, Moms. Hal ini karena daun pepaya mengandung Vitamin A, Vitamin C dan Vitamin E yang dapat melembabkan dan menutrisi kulit. Terlepas dari yang bisa dikonsumsi

17. Menangkal radikal bebas

Daun pepaya juga kaya akan antioksidan, Moms dapat menangkal radikal bebas, bahkan melindungi Anda dan buah hati dari virus dan bakteri penyebab penyakit.

  1. Mencegah cedera

Daun pepaya mengandung papain dan chymopapain yang dapat mencegah infeksi luka atau meredakan infeksi luka. Caranya sangat mudah, cukup tempelkan beberapa lembar daun pepaya yang sudah dibersihkan dan ditumbuk pada luka bakar, tunggu beberapa saat lalu bersihkan.

  1. Membersihkan area kewanitaan

Yang terakhir adalah manfaat daun pepaya Miss V, dan salah satunya adalah membersihkan area kewanitaan. Selain itu, meminum ramuan daun pepaya secara rutin juga bisa mempersempit dan menyesatkan Miss V lho, Moms.

Ternyata banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan. Tidak hanya untuk ibu menyusui dan anak muda, daun pepaya juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan secara keseluruhan, tentunya daun pepaya ini adaah salah satu opsi gaya hidup sehat di zaman serba modern ini .

 

 

 

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA