Manfaat Kelapa Sawit dan Resiko Bagi Kesehatan Tubuh

dewitani.comManfaat Kelapa Sawit – Manfaat minyak kelapa sawit untuk kesehatan memang tak terbantahkan. Jenis tanaman ini dikenal bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak. Namun, penggunaan dan konsumsinya juga harus diperhatikan, karena ada risiko yang dapat berdampak pada kesehatan tubuh.

Kelapa sawit umumnya diolah menjadi minyak goreng. Karena harganya yang terjangkau, minyak kelapa sawit kerap menjadi pilihan sebagian besar masyarakat Indonesia. Tidak hanya dapat diolah menjadi minyak, kelapa sawit juga sering digunakan sebagai bahan untuk membuat kosmetik, sabun, pasta gigi, lilin, pelumas, dan tinta.

Selain mengandung lemak, lemak jenuh maupun lemak tak jenuh, kelapa sawit juga mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A dan vitamin E.

Berbagai Manfaat Minyak Sawit

Berkat kandungan nutrisi yang bervariasi di dalamnya, ada banyak manfaat kesehatan dari kelapa sawit yang bisa Anda dapatkan :

1. Menangkal efek radikal bebas

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam kelapa sawit membuat tanaman ini baik dikonsumsi untuk menangkal efek radikal bebas berlebih yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit.

2. Memperkuat Imun tubuh

Selain melindungi tubuh dari paparan radikal bebas, vitamin E yang ada dalam kelapa sawit juga dikenal dapat memperkuat kekebalan tubuh. Berkat daya tahan tubuh yang kuat, Anda juga akan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh berbagai jenis patogen, seperti kuman dan virus.

โœ…  Pemupukan Kelapa Sawit Agar Efektif dan Efisien

3. Menjaga kesehatan otak

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kelapa sawit mengandung tocotrienol, sejenis vitamin E yang berperan penting dalam menjaga kesehatan otak. Tocotrienol yang ada dalam minyak sawit tidak hanya mengurangi risiko demensia dan stroke, tetapi juga dapat mencegah pertumbuhan tumor otak.

4. Mencegah dan mengatasi kekurangan vitamin A

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa menambahkan minyak kelapa sawit ke dalam makanan anak-anak dan ibu hamil dapat mengurangi risiko kekurangan vitamin A.

bahkan, jenis kelapa sawit merah atau red palm oil (RPO) juga diklaim memiliki manfaat yang hampir sama dengan pemberian suplemen vitamin A dalam mencegah atau mengobati kekurangan vitamin A.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan, minyak kelapa sawit sebenarnya bermanfaat untuk kesehatan jantung. Hal ini karena minyak sawit mengandung antioksidan, seperti phenolic palm oil (OPP), yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Mengukur Risiko Kelapa Sawit Bagi Kesehatan

Meski banyak manfaat kelapa sawit yang sering diolah menjadi minyak, berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa minyak kelapa sawit dipercaya menjadi penyebab meningkatnya kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Hal ini bisa terjadi karena minyak kelapa sawit mengandung lemak jenuh yang tinggi.

โœ…  โˆš 10 Manfaat Pupuk SP 36 Untuk Kelapa Sawit

Bila jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh terlalu banyak, bisa terjadi penumpukan lemak di pembuluh darah yang bisa menyumbat aliran darah ke organ tubuh, seperti otak atau jantung. Kondisi ini akan meningkatkan risiko Anda terkena stroke atau penyakit jantung.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk membatasi asupan makanan yang banyak mengandung lemak jenuh, termasuk minyak kelapa sawit. Juga, tidak disarankan untuk sering memanaskan minyak kelapa sawit berkali-kali.

Proses ini akan menghancurkan kandungan antioksidan dan meningkatkan kandungan lemak jenuh di dalamnya. Dengan cara ini, risiko Anda terkena penyakit jantung dapat meningkat.

Namun menggunakan minyak kelapa sawit untuk memasak aman digunakan asalkan kadarnya sesuai dan tidak berlebihan.

Ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika ingin mengetahui lebih jauh tentang manfaat kelapa sawit untuk kesehatan dan jumlah yang tepat untuk dikonsumsi. Apalagi jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, seperti kolesterol tinggi atau penyakit jantung.

Itulah tadi pembahasan mengenai manfaat kelapa sawit bagi kesehatan beserta resiko efek samping yang tidak baik bagi kesehatan. Semoga bermanfaat dan Terima Kasih…

error: This content is protected by DMCA