Inilah Manfaat Tomat Untuk Wajah Agar Sehat dan Mulus

dewitani.com – Manfaat Tomat Untuk Wajah – Merawat kesehatan kulit wajah bisa dengan cara alami. Salah satunya dengan masker tomat. Tomat selalu dikenal dengan sejuta manfaat kesehatan, termasuk untuk kulit. Vitamin C dan antioksidan didalam buah tomat berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Khusus untuk wajah, tomat bisa dicampurkan menjadi masker alami. Cukup oleskan masker ini pada wajah Anda, biarkan sebentar lalu bilas.

Tomat yang memiliki sifat mendinginkan dan mampu menenangkan kulit yang terbakar ternyata adalah jawabannya. Tomat memiliki sifat mendinginkan dan mampu menenangkan kulit yang terbakar. Tomat merupakan salah satu bahan dapur atau rumah tangga yang memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah, yang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan masker tomat.

Tomat Sehat Untuk Wajah

Tomat diketahui mengandung likopen, atau nutrisi merah dalam keluarga karotenoid, yang memberi warna khas pada tomat. Meskipun ditemukan secara alami di beberapa buah dan sayuran berwarna merah dan merah muda, mengandung likopen paling banyak manfaat tomat untuk wajah. Saat tomat matang, kandungan likopennya meningkat.

Lycopene adalah antioksidan yang berasal dari makanan dengan banyak manfaat yang mencakup spektrum penuh kesehatan kulit, kata Karen Hermony, PhD, kepala sains dan nutrisi di LycoRed.

“Nutrisi tomat tidak hanya menghambat radikal bebas, tetapi juga merangsang mekanisme perlindungan tubuh terhadap stres oksidatif dan peradangan, meningkatkan elastisitas kulit dan sel-selnya,” kata greatist.com. Dermatologis Tsippora Shainhouse dari Stay Skin Safe menambahkan bahwa antioksidan dalam tomat membantu mencegah dan merusak kolagen di kulit.

Menurut jurnal yang diterbitkan dalam Annual Journal of Food Science and Technology, likopen secara khusus membantu mencegah perubahan warna kulit, perubahan tekstur, serta garis-garis halus dan kerutan. Selain itu, vitamin C dalam tomat dapat meningkatkan produksi kolagen dan elastin pada kulit sehingga membuatnya elastis dan kencang. Tomat juga dapat menyeimbangkan tingkat pH kulit, sehingga menyeimbangkan minyak alami yang dihasilkan oleh kulit, serta mengangkat sel-sel mati dan mengencangkan pori-pori.

Beberapa Manfaat Buah Tomat Bagi Wajah

Berikut manfaat tomat untuk wajah sebagai masker agar glowing dan mulus!

1. Membuat bercahaya
Manfaat masker wajah tomat ini pasti diinginkan oleh banyak wanita. Karena masker tomat membuat wajah glowing dan berseri. Ini karena kandungan vitamin C yang berfungsi mencerahkan kulit. Untuk menggunakannya, Anda bisa mengoleskan jus tomat pada wajah atau menempelkan beberapa irisan tomat ke wajah.

2. Mengurangi minyak pada wajah
Kulit berminyak adalah masalah bagi kebanyakan orang dan itu bisa diatasi dengan buah tomat. Tomat adalah zat alami yang menjadikannya bahan yang ideal untuk menghilangkan kelebihan minyak dari wajah. Cobalah menggosok tomat dengan gerakan memutar selama beberapa detik di wajah anda untuk menghilangkan minyak yang membandel.

3. Mengatasi pori pori terbuka
Pori-pori kulit wajah yang terbuka membuat tampilan wajah secara keseluruhan menjadi kurang maksimal. Masker tomat bisa jadi jawabannya. Salah satu manfaat masker tomat untuk wajah adalah mengecilkan pori-pori yang terbuka. Masker tomat juga bisa mencegah munculnya komedo.

4. Melawan kerusakan sel kulit
Tomat kaya akan likopen yang berperan penting dalam mencegah dan mengurangi kerusakan akibat radikal bebas. Manfaat lainnya adalah mengurangi kemerahan pada kulit. Semua ini membuat wajah seseorang lebih awet muda. Kemunculan garis halus dan kerutan di wajah juga akan berkurang.

5. Membuat kulit lembut dan kenyal
Kulit wajah yang glowing, mulus dan elastis menjadi dambaan banyak orang. Salah satu manfaat masker tomat untuk wajah adalah dengan mendapatkan hal di atas. Masker tomat sangat ideal untuk membersihkan sel-sel kulit mati yang menumpuk di bawah kulit, mencegah munculnya komedo, dan menjadikan kulit lembut dan kenyal. Untuk meracik masker tomat pada wajah, Anda bisa mengkombinasikan banyak bahan alami lainnya. Misalnya, madu, putih telur, lemon dan minyak zaitun.

Jenis dan Cara Membuat Racikan Masker Buah Tomat

Anda pasti bertanya-tanya bagaimana cara membuat masker tomat di rumah dan berikut adalah beberapa cara masker tomat yang dapat digunakan untuk berbagai jenis dan masalah kulit.

1. Masker tomat untuk kulit berjerawat

Minyak jojoba mudah diserap ke dalam kulit dan bertindak sebagai pelembab. Minyak ini mampu mengontrol minyak berlebih yang dihasilkan kulit dan menyumbat pori-pori. Sedangkan minyak pohon teh merupakan bahan antiseptik yang mampu membersihkan infeksi dan jerawat yang diakibatkannya.

bahan:

  • 1/2 tomat
  • 1 sendok teh minyak jojoba
  • 3-5 tetes minyak pohon teh

Bagaimana membuat:

  1. Campur dan haluskan semua bahan dengan blender hingga setebal bahan masker.
  2. Oleskan masker ini pada wajah Anda dan biarkan selama 10-15 menit.
  3. Bilas dengan air hangat terlebih dahulu, lalu air dingin.
  4. Gunakan masker tomat 2-3 kali seminggu.

2. Masker tomat untuk menghilangkan noda pada kulit

Tomat mampu menghilangkan atau menyembunyikan bintik-bintik di wajah dan madu membantu dalam proses penyembuhan dengan memberikan nutrisi penting dan antioksidan.

bahan:

  • 2 sendok makan tomat cincang halus
  • 1 sendok teh madu

Bagaimana membuat:

  1. Campur semua bahan hingga menjadi kental seperti masker.
  2. Oleskan masker tomat pada wajah Anda dan biarkan selama 15 menit atau sampai mengering.
  3. Bilas dengan air hangat.
  4. Lakukan dua kali seminggu!

3. Masker wajah tomat dengan komedo

Oatmeal bertindak sebagai pembersih untuk menghilangkan semua kotoran yang menumpuk di pori-pori. Yogurt mengandung asam laktat yang dapat membantu proses pembersihan ini dengan mengelupas sel-sel mati. Setelah pori-pori dibersihkan, komedo akan hilang.

  Cara Membuat Manisan Kedondong Yang Renyah

bahan:

  • 1-2 sendok makan tomat cincang
  • 1 sendok makan oat
  • 1 sendok makan yogurt tawar atau polos

Bagaimana membuat:

  1. Campur yogurt dengan pure tomat. Kemudian perlahan tambahkan oat ke dalam campuran.
  2. Panaskan campuran ini sedikit dan aduk rata.
  3. Setelah dingin, oleskan masker tomat di wajah Anda dan biarkan selama 15 menit.
  4. Cuci bersih dengan air biasa.
  5. Gunakan campuran masker tomat dua kali seminggu.

4. Masker tomat untuk kulit kering

Masker tomat ini akan membuat kulit wajah Anda halus dan lembab karena minyak zaitun mengandung asam lemak esensial yang menyehatkan kulit dan mengurangi kekeringan kulit.

bahan:

  • satu tomat
  • 1 sendok teh minyak zaitun murni

Bagaimana membuat:

  1. Potong tomat menjadi dua dan peras ke dalam jus.
  2. Tambahkan minyak zaitun dan aduk rata.
  3. Oleskan masker tomat pada wajah Anda dan biarkan selama 15-20 menit.
  4. Cuci dengan baik dengan air hangat.
  5. Lakukan dua kali seminggu!

Baca Juga : Panduan Lengkap Cara Menanam Tomat Agar Berbuah Banyak

5. Masker kantong mata tomat

Daging buah tomat memiliki sifat memutihkan kulit, sehingga dapat mencerahkan kulit gelap di bawah mata. Lidah buaya mengandung antioksidan dan senyawa anti inflamasi yang meremajakan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Namun, Anda harus berhati-hati agar masker ini tidak mengenai mata Anda. Jika Anda melakukan ini secara tidak sengaja, bilas mata Anda dengan air bersih.

bahan:

  • 1 sendok teh tomat cincang halus
  • Beberapa tetes gel lidah buaya

Bagaimana membuat:

  1. Campurkan dua bahan masker tomat dan oleskan ke area bawah mata dengan hati-hati.
  2. Biarkan mengering selama 10 menit lalu bilas.
  3. Oleskan masker tomat sekali atau dua kali sehari untuk hasil terbaik.

6. Masker tomat untuk kulit berminyak

Mentimun memberi warna pada kulit dan mampu menyeimbangkan pH. Selain itu, mentimun dapat mengencangkan pori-pori kulit yang biasanya membesar ketika Anda memiliki kulit berminyak. Masker tomat ini membantu mencegah jerawat karena menjaga kulit bebas minyak.

bahan:

  • 1/2 tomat
  • 1/4 mentimun

Bagaimana membuat:

  1. Hancurkan tomat dan mentimun secara terpisah. Kemudian campurkan kedua bahan tersebut.
  2. Oleskan campuran ini pada wajah dengan bantuan bola kapas. Biarkan selama 15-20 menit, sebelum dicuci dengan air biasa.
  3. Lakukan dua kali seminggu!

7. Masker tomat untuk kulit kusam

Lemon dan tomat memiliki sifat pencerah kulit alami yang dapat membantu meratakan warna kulit, hiperpigmentasi, dan menghilangkan bekas jerawat.

bahan:

  • 1/2 tomat matang
  • 1/2 sendok teh jus lemon

Bagaimana membuat:

  1. Campurkan setengah tomat menjadi bubur halus dan campurkan pure tomat dengan setengah sendok teh jus lemon segar.
  2. Oleskan ke wajah menggunakan bola kapas bersih.
  3. Biarkan selama 10-15, lalu bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk.
  4. Oleskan setetes minyak zaitun untuk membantu melembabkan.

8. Masker tomat untuk melembabkan wajah

Masker tomat yang dicampur dengan madu bisa membuat kulit lembut dan kenyal. Melansir jurnal penelitian triwulanan internasional, madu merupakan bahan alami yang dapat membantu melembapkan kulit.

bahan:

  • 2 sendok makan pure tomat
  • 1 sendok teh madu

Bagaimana membuat:

  1. Campur madu dan pulp tomat untuk membentuk pasta halus.
  2. Oleskan pasta pada wajah.
  3. Biarkan selama 15 menit atau sampai mengering.
  4. Bilas dengan air hangat.
  5. Lakukan ini dua kali seminggu.

9. Masker tomat untuk mencegah penuaan dini

Kombinasi tomat dan mentimun dapat mengalahkan penuaan dini. Selain itu, memakai masker tomat dan mentimun secara teratur dapat menghilangkan garis-garis di wajah.

komponen:

  • 1/2 cangkir tomat tumbuk
  • 1/4 cangkir mentimun parut

Bagaimana membuat:

  1. Campurkan tomat yang sudah dihaluskan dengan timun parut hingga rata.
  2. Oleskan campuran ini pada wajah.
  3. Tunggu 20 menit kemudian bilas menggunakan air hangat.
  4. Lakukan ini dua kali seminggu.

10. Masker tomat untuk mengobati kulit terbakar

Sunburn adalah kondisi yang tidak boleh diremehkan. Tidak hanya mengurangi rasa percaya diri, tetapi sengatan matahari dapat meningkatkan risiko penyakit kulit. Untuk mengatasinya, bisa digunakan masker tomat dengan campuran tanah liat. Meluncurkan kosmetik herbal, tanah liat dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat dan mengobati kulit terbakar sinar matahari.

bahan:

  • 1 sendok makan tanah liat
  • 1-2 sendok makan jus tomat

Bagaimana membuat:

  1. Campur semua bahan untuk membentuk pasta halus.
  2. Oleskan pada wajah Anda dan tunggu 10 menit atau sampai mengering.
  3. Bilas dengan air hangat. Tepuk kulit sampai kering kemudian oleskan pelembab.
  4. Lakukan ini setiap 3-4 hari sekali.

11. Masker tomat untuk kulit glowing

Gula pasir banyak digunakan dalam scrub kosmetik untuk efek pengelupasan kulitnya. Masker ini membantu mengangkat sel kulit mati, kotoran dan minyak berlebih dari kulit sehingga kulit menjadi halus dan bercahaya.

bahan:

  • 1 sendok makan gula
  • 1-2 sendok makan jus tomat

Bagaimana membuat:

  1. Campur gula dan jus tomat sampai berbentuk pasta.
  2. Oleskan pada wajah dan tunggu 10 menit.
  3. Bilas dengan air hangat.
  4. Tepuk-tepuk kulit hingga kering dan oleskan pelembab.
    Ulangi ini setiap 3-4 hari sekali.

Demikian pembahasan mengenai manfaat tomat untuk wajah agar mulus dan sehat. Semoga bisa bermanfaat dan bisa membuat tampilan wajah anda lebih menarik dan enak untuk dilihat. Salam dewitani.com…

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA