Cara Mudah Membuat Kandang Kelinci di Rumah

dewitani.com – Membuat Kandang Kelinci – Kelinci pada mulanya berasal dari dataran Afrika yang sekarang telah banyak dibudidayakan di Indonesia. Persebaran hewan jinak yang mungil ini sudah meluas, ada yang dijadikan binatang peliharaan serta tidak jarang juga dibudidayakan buat makanan. Untuk merawat kelinci, tentu saja berbeda dengan binatang lain seperti anjing atau kucing. Meski begitu, memelihara kelinci juga telah mulai jadi gaya hidup yang menyenangkan bagi pecinta binatang.

Sama seperti hewan yang lainnya, kelinci juga butuh sangkar yang nyaman agar mampu tumbuh sehat. Nah, berikut langkah dan cara membuat  kandang kelinci sendiri di tempat tinggal anda. Apa bahan dan langkah pertama yang perlu anda butuhkan? mari, simak artikel dibawah ini !

1. Siapkan bahan serta peralatannya terlebih dulu

Misalnya kamu akan membuat kandang buat 6 ekor kelinci. Kamu bisa membuatnya bersusun tingkat dengan 3 kotak atas dan 3 kotak bawah. Pembuatan kandang dengan kotak balok kelinci ini akan memakan waktu yang lebih banyak ketimbang sangkar untuk koloni, akan tetapi sangkar cenderung lebih simpel membersihkannya. Ini bahan uang harus disediakan :

  • Balok kayu
  • Esbes
  • Kawat galvanis
  • Paku usuk dan paku bambu
  • Tempat buat kotoran kelinci yang sudah dilapisi kantong plastik besar
  • Palu, obeng, penggaris besi, dan gergaji

2. Pertama, buatlah balok kawat dan kayu berukuran mungil untuk menampung satu kelinci, lalu rekatkan dengan balok yang besar

Pertama, buat kerangka terlebih dahulu dengan kayu yang sesuai dengan bentuk serta ukuran. Anda bisa menyesuaikan luas, lebar, serta tinggi dengan ukuran dan model yang anda inginkan. Ingat, untuk membuat pintu sesuai ukuran kelinci di setiap balok kecil yang telah dibuat.

Kemudian buatlah pintu di tengah atau bagian samping sesuai kesukaan, tetapi pastikan bahwa pintu tersebut terpasang kuat supaya kelinci tidak mudah terlepas sendiri serta keluar sangkar. Pangkas kerangka kayu ukuran segiempat lalu pasang dawai dan buat kail dawai menjadi kuncinya. Buatlah pintu sebelum merekatkan balok-balok jadi satu bagian tempat tinggal kelinci.

  Inilah Obat Ampuh Untuk Mengobati Sore Hock Pada Kelinci

3. Ketika balok-balok telah siap, kamu bisa mulai merekatkan satu per satu dengan kayu balok yang lebih besar memakai paku

Sesudah membuat balok-balok kawat begitu juga menggunakan pintunya, rekatkan satu per satu dengan balok kayu yang lebih besar sampai rapat. lalu pasang tempat kotoran berupa tatakan kayu atau kantong dibawah kandang kelinci. Hindari pemakaian kardus buat menampung kotoran kelinci supaya suhu yang lembap di kandang tidak membasahi kardus. Anda bisa gunakan kantong dari plastik juga di bagian bawah balok, diusahakan ukurannya pas agar kotoran tidak jatuh ke mana-mana.

4. Kandang sebaiknya memiliki aliran udara yang cukup supaya kelinci nyaman di dalam

Jika engkau mempunyai tempat yang cukup luas, usahakan buatlah sangkar yang lebar supaya kelinci semakin nyaman bergerak. Namun bila kawasan kandang tak luas, kamu mampu menyesuaikan paling tidak 3 kali lebar kelinci. Perhatikan juga alas sangkar supaya pijakan tidak mudah bergoyang waktu kelinci menginjak. Ini buat menghindari agar kelinci tidak terjepit atau dimasuki tikus serta lainnya. Alas sebaiknya dicopot supaya lebih simpel membersihkan.

  Khasiat Madu Murni untuk Kelinci

5. Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu tempatkan kandang di tempat yang teduh namun masih tersentuh sinar matahari

Jarak kandang dengan tanah minimal 30 cm untuk menghindari kotoran, sehingga kelinci bisa terhindar dari bakteri atau kotoran pada kandangnya. Tempatkan kandang di tempat teduh yang masih mampu disinari matahari di pagi hari dari pukul 6 hingga 8. Cahaya matahari akan sangat penting bagi kelinci, jadi usahakan sinar matahari bisa masuk kandang.

Itulah tadi bagaimana cara membuat kandang kelinci, Semoga bisa bermanfaat. Terima Kasih…

error: This content is protected by DMCA