Mengenal 8 Sifat Kucing Maine Coon, Harga, dan Cara merawatnya

dewitani.com – Mengenal Kucing Maine Coon – Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling disayangi oleh banyak orang. Memiliki sifat manja, yang membuat hewan peliharaan ini lebih menarik dan menggemaskan. Tak heran jika banyak orang memilihnya sebagai teman di rumah.

Sebagai hewan peliharaan, kucing memiliki jenis yang berbeda-beda. Salah satu ras kucing yang sangat populer dan banyak dicari adalah Maine Coon. Maine Coon adalah salah satu spesies kucing Persia yang disebut-sebut sebagai spesies terbesar di dunia. Tak heran jika Maine Coon sering disebut kucing raksasa.

Selain tubuhnya yang besar, ada beberapa ciri yang tak kalah khas dari kucing ini. Mulai dari bentuk wajah seperti singa, bulu tebal, hingga ekor yang panjang. Jika anda adalah penggemar kucing dengan bulu yang tebal dan tubuh yang besar, maka tentunya anda akan jatuh hati dengan jenis kucing yang satu ini.

Meski memiliki banyak ciri unik dan menarik, Maine Coon ini membutuhkan perawatan yang berbeda dari jenis kucing peliharaan lainnya. Salah satunya perlu menyediakan konsumsi makanan yang kaya nutrisi untuk memenuhi kebutuhan energinya yang besar. Makanan ini harus mengandung banyak komponen seperti protein, karbohidrat, lemak, asam lemak, asam amino, mineral dan vitamin.

Mengenal Kucing Maine Coon

Hal pertama yang perlu diketahui tentang kucing Maine Coon tidak lain adalah asal usul spesies kucing yang besar ini. Dikatakan bahwa Viking pertama kali membawa Maine Coon ke Amerika Utara sebelum Columbus berlayar. Namun ada juga pendapat lain bahwa kucing ini adalah kucing Maria Antoinette berambut panjang yang dikirim ke Amerika.

Di antara berbagai referensi asal usul kucing lucu ini, pendapat yang paling dipercaya adalah kucing ini pertama kali ada pada tahun 1861. Kucing itu bernama Kapten Jenks dari The Horse Marines dengan bulunya yang berwarna hitam putih. Kemudian pada tahun 1895, ada seekor Maine Coon betina bernama Best Cat yang menghadiri acara kucing di Madison Square Garden.

Diketahui bahwa Maine Coon menjadi kucing kelima dalam Cat Fanciers Association pada tahun 1908. Selanjutnya, kucing jenis ini menjadi populer di Inggris sebelum kucing ras Persia dan Siam muncul.

Ciri-ciri Kucing Maine Coon

Meskipun ukurannya besar, jenis kucing ini memiliki sikap yang ramah dan lembut. Maine Coon menyukai tempat yang bagus dan kamar yang luas. Mereka suka berlarian di sekitar ruangan dan memanjakan pemiliknya. Ciri fisiknya adalah :

1. Kucing Telinga Besar

Ciri-ciri Maine Coon adalah mempunyai telinga besar, panjang dan jumbai di tepinya. Jarak antara telinga dikepala lumayan dekat . Berbeda dengan kucing Persia yang telinganya berjauhan dan lebih kecil.

2. Kucing Mata Besar

Mata kucing ini memiliki mata yang besar dan lebar. Pada umumnya kucing jenis ini memiliki warna mata kuning dan hijau. Sedangkan kucing putih bisa memiliki mata biru. Fakta menarik tentang kucing ini saat bayi matanya masih biru. Saat dewasa, warna mata berubah sesuai dengan warna dominan kucing.

3. Bentuk Tubuh Kucing

Setelah mengetahui asal usul kucing, ada beberapa ciri unik yang dimiliki kucing ini. Hal pertama yang membedakan adalah bentuk tubuhnya yang besar, yang panjangnya bisa mencapai 1 meter. Dengan posisi tubuh yang besar, tidak heran jika kucing ini memiliki bentuk tulang yang kuat dan besar untuk menopang tubuhnya.

Kucing ini bisa mencapai panjang 121 cm, diukur dari ujung kepala hingga ekor. Kucing Maine Coon jantan biasanya memiliki berat sekitar 6-9 kg, sedangkan betina memiliki berat antara 4-6 kg.

4. Bentuk Wajah Kucing

Ciri-ciri utama kucing Maine Coon berikut ini bisa dilihat dari bentuk wajahnya. Kucing ini memiliki bulu yang tebal di sekitar wajah dan kepalanya. Tak hanya itu, wajahnya juga menyerupai singa, dengan telinga runcing, besar, dan ditumbuhi banyak bulu. Selain itu, tulang pipi berbentuk oval dan agak lebar dengan dahi melengkung dan mata besar.

5. Karakter Bulu Kucing

Ciri utama kucing ini adalah bulunya yang panjang dan tebal. Di musim dingin, bulu kucing ini bisa mencapai 7 cm. Selain tebal dan panjang, bulu kucing Maine Coon memiliki rasa yang lembut dan anti air.

Dibandingkan dengan jenis kucing lainnya, bulu Maine Coon memiliki warna dan corak yang sangat beragam. Tak heran jika banyak pecinta kucing yang tertarik dengan jenis kucing ini.

6. Bentuk Ekor Kucing

Hal terakhir yang membedakan Maine Coon adalah ekornya yang panjang. Tak hanya panjang, ekor kucing ini juga memiliki bentuk ekor yang meruncing ke ujung. Selain itu, ekor Maine Coon juga ditumbuhi bulu yang lebat, panjang, berbunga seperti kemoceng. Ini juga salah satu keunikan yang membuat Maine Coon begitu menarik.

Sifat Kucing Maine Coon

Dikenal sebagai kucing domestik dan besar, ternyata ada beberapa fakta yang sangat menarik tentang sifat Maine Coon. Berikut beberapa fakta menarik Maine Coon :

1. Jenis kucing yang suka bermain

Kucing ini senang berinteraksi dan bermain dengan pemiliknya. Maine Coon bisa diajak bermain di indoor maupun outdoor. Berikan mainan agar kucing besar ini lebih aktif dan menyenangkan.

2. Bisa untuk jalan-jalan

Seperti kucing sabana Afrika, pemiliknya bisa mengajaknya jalan-jalan. Kucing ini suka berkeliaran di alam liar bersama pemiliknya. Namun pastikan suhu udara tidak terlalu panas karena kucing ini memiliki bulu yang tebal.

3. Sangat suka cari perhatian manusia

Kucing yang indah ini senang mendapatkan perhatian dengan memberi tahu mereka bahwa mereka lebih penting daripada acara TV yang anda tonton atau buku yang anda baca.

  Jelaskan cara pembenihan ikan hias

Maine Coon akan duduk di depan TV atau dengan sengaja berbaring di atas buku yang sedang anda baca untuk menarik perhatian anda. Dan dengan ukuran Maine Coon yang sangat besar, tidak mungkin untuk diabaikan.

4. Tidak suka ketinggian seperti ras kucing lainnya

Biasanya kucing suka memanjat pohon bahkan atap rumah. Alasan kucing menyukai ketinggian mungkin karena mereka suka melompat. Tapi kucing Maine Coon tidak memiliki sifat ini. Mereka sangat membenci ketinggian.

5. Kucing yang menyukai air

Maine Coon adalah jenis kucing yang bisa berenang di air. Mereka memiliki bulu tahan air dan perenang yang kuat.

6. Kucing yang tahan musim dingin

Maine Coon bisa bertahan di negara empat musim. Saat musim dingin dan salju. Kucing ini memiliki bulu yang panjang dan cakar yang besar. Di Indonesia, pemilik kucing meletakkannya di tempat yang sejuk dan menggunakan pendingin ruangan (AC).

7. Maine Coon punya jari tambahan

Maine Coon memiliki lebih banyak jari kaki daripada kucing lainnya. Lebih banyak jari kaki disebut polidaktil. Kucing ini memiliki 6 jari kaki saat lahir. Namun jari kaki ini tidak terlihat dari jauh karena tertutup bulu yang tebal.

8. Maine Coon yang muncul di film Harry Potter

Jika anda menyukai film Harry Potter, maka tentu ingat beberapa hewan di film tersebut. Sahabat Harry Potter adalah kucing peliharaannya, Hermione Granger, seorang Persia dengan hidung merah. Hogwarts Castle Guard Kucing Argus Filch, bernama Mrs.

Norris adalah Tabby Maine Coon (campuran merah dan hitam). Dalam novel Harry Potter, c. Rowling menggambarkan Mrs. Norris sebagai kucing kurus dan lusuh. Dalam Harry Potter 1 dan 2, Ny. Cat. Norris menggunakan produk khusus yang membuat bulunya terlihat berantakan.

Harga kucing Maine Coon

Jenis kucing asal Amerika Utara ini sangat mahal harganya di Indonesia. Harga kucing dibagi menjadi pedigree dan non-pedigree. Harga kucing dipengaruhi oleh sertifikasi dan silsilah kucing tersebut.

Maine Coone Pedigree

Dikutip dari animalee.com, harga kucing bisa bervariasi berdasarkan usia, jenis, bentuk, dan ukuran. Harga pedigree untuk kucing Maine Coon berkisar antara Rp 12 juta hingga Rp 15 juta. Sedangkan harga kucing dewasa bersertifikat berkisar antara Rp 10 juta hingga Rp 20 juta.

Pedigree adalah sertifikasi yang diakui secara resmi oleh organisasi kucing nasional dan internasional. Di Indonesia, ada tiga organisasi kucing resmi, antara lain Indonesian Cat Association (ICA), Cat Fancy Indonesia (CFI), dan Cat Lovers Association of Indonesia (CFSI).

Sertifikasi ini penting untuk memelihara kucing ras dan menghindari kawin silang. Ras kucing dengan sertifikasi ini biasanya diikutsertakan dalam kompetisi kucing.

Maine Coone Non-Pedigree

Maine Coone Non-Pedigree terjangkau karena silsilah keluarga yang tidak jelas. Kucing jenis ini umumnya berkembang biak dengan kucing lain dan bukan ras murni. Kucing yang tidak bersertifikat kisaran Rp 2 juta hingga Rp 5 juta. Kucing dewasa non-ped harganya antara Rp 3 juta hingga Rp 6 juta.

Cara Merawat Kucing Maine Coon

Anda perlu mengetahui cara merawat kucing maine coon yang benar. Berkaitan dengan hal tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu sebagai berikut :

  • Berikan makanan dengan nutrisi yang baik. Karena tubuh yang besar, anda perlu memenuhi asupan protein, karbohidrat, lemak, asam lemak, asam amino, mineral dan vitamin. Ada beberapa jenis makanan kucing spesial Maine Coon yang dijual di pasaran, dan kamu bisa memilih salah satunya. Jika anda memiliki kucing Maine Coon kecil, anda memerlukan asupan protein 3% -45% untuk membantunya tumbuh. Sedangkan kucing dewasa dapat diberikan protein 26%-40%.
  • Sikat bulu kucing anda secara teratur setiap hari untuk membantu menghilangkan bulu yang mati. Menyikat bulu kucing secara teratur juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan merilekskan tubuh kucing.
  • Mandikan kucing anda secara teratur setiap minggu. Anda bisa menggunakan sampo kucing khusus untuk menjaga bulunya tetap lembut. Juga beri dia vitamin bulu kucing untuk membantunya tumbuh.
  • Bersihkan kandang seminggu sekali dan usahakan kandang di tempat yang kering untuk menghindari tumbuhnya jamur jika ditempatkan di tempat yang lembab.
  • Bersihkan kotoran kucing secara teratur. Anda dapat membersihkan kotak kotoran setelah kucing membuang kotorannya untuk mencegah bau tak sedap. Selain itu, anda juga harus membersihkan dan mengeringkan pasir secara rutin agar tetap kering dan bersih.
  • Berikan vaksinasi untuk meningkatkan sistem kekebalan kucing anda. Anak kucing Maine Coon dapat divaksinasi sejak usia 8 minggu, karena pada usia ini daya tahan tubuhnya masih lemah.
  • Lakukan pemeriksaan medis rutin di dokter hewan untuk melihat apakah kucing anda tidak sehat. Anda dapat memilih untuk melakukan pemeriksaan setiap bulan atau tahun. Tentunya hal ini dapat disesuaikan dengan waktu dan biaya yang anda miliki.

Demikian ulasan mengenai Kucing Maine Coon yang sangat populer. Semoga bisa membantu dan menambah pengetahuan para pembaca sekalian. Terima Kasih…

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA