Mengenal Kucing Somali Beserta Harganya

dewitani.com – Mengenal Kucing Somali – Kucing Somali adalah kucing berukuran sedang dengan tubuh yang panjang dan otot yang berkembang dengan baik. Telinganya yang besar duduk condong ke depan memberinya kewaspadaan dan kesadaran seolah-olah dia terus-menerus mengawasi segalanya. Mata yang terlihat besar di wajah, menunjukkan kewaspadaan dan kecerdasan yang melekat pada jenis kucing peliharaan ini.

Bulu kucing Somali penuh dengan jumbai rambut yang berlebihan di telinga. Bulunya lembut dan ekornya halus seperti ekor rubah. Rata-rata warna kucing Somali unik.

Kebanyakan bulu memiliki garis-garis warna pada setiap rambut, dan bulu tampak lebih gelap di sepanjang garis tulang belakang. Warna tubuh kucing tampak halus dan cerah di bawah leher, bawah, dan dalam cakar kucing.

Fakta Mengenai Kucing Somali

Saat ini jenis kucing berbulu panjang sudah mulai dikenal luas. Termasuk mengenal kucing somali yang merupakan saudara dari kucing abyssinian. Untuk mengenal kucing setengah panjang ini lebih dalam, simak fakta berikut ini.

1. Sejarah Kucing Somali

Kucing Somali pada dasarnya adalah versi berbulu panjang dari kucing Abyssinian. Abyssinia dikembangkan di Inggris Raya dari kucing yang dibawa ke negara itu oleh Lord Robert Napier, setelah ekspedisi militer ke Abyssinia.

Kucing yang dibawa Lord Napier ke Inggris disebut Zulu, dan dia adalah basis dari ras cantik yang sekarang dikenal sebagai Abyssinia, serta ras Somali.

Pola unik pada bulu Abyssinian mengingatkan pada pola kamuflase pada bulu kelinci liar. Untuk mengabadikan ini, Zulu dibiakkan menjadi ras kucing acak yang memiliki penampilan serupa dengan bulunya dan ras Abyssinian diciptakan.

Beberapa kucing yang lahir di tandu Abyssinian tampaknya memiliki bulu yang panjang. Karena rambut panjang bukanlah sifat yang diinginkan untuk Abyssinians, kucing berambut panjang yang lahir diubah dan dipelihara sebagai hewan peliharaan.

Namun, banyak peternak menyukai tampilan bulu panjang kucing Abyssinian, dan pada akhir 1960-an, peternak ini menciptakan versi Abyssinian berambut panjang dan menamakannya Somali.

Dengan penampilannya yang eksotis, sosoknya yang cantik dan perawatannya yang mudah, pria Somali itu dengan cepat menjadi populer.

2. Memiliki penampilan yang mirip dengan rubah

Kucing Somali adalah kucing berukuran sedang. Mereka biasanya memiliki berat 2,7-4,5 kg. Kepala mereka ditutupi dengan bulu yang sangat tebal dan telinga yang besar sehingga penampilan mereka sering dibandingkan dengan rubah.

Di area sekitar mata, warnanya cukup gelap, yang membuatnya tak kalah menawan dari kucing eksotis. Di bagian tengah dahi mereka tidak kalah menonjolnya, karena hampir semuanya memiliki pola “M” di bagian ini.

Sedangkan untuk warna tubuh secara umum, kucing somali memiliki jenis yang berbeda-beda, mulai dari warna biru dan coklat kekuningan hingga merah. Bulunya panjang tapi tidak mudah rontok seperti kucing lainnya.

Panjang bulu ini tidak hanya menutupi seluruh tubuh, tetapi juga ekor. Bagian ini cukup padat dan biasanya memiliki sentuhan warna hitam.

3. Cakarnya sangat kuat!

Keunikan yang bisa ditemukan pada kucing Somali adalah cakarnya. Sama seperti monyet yang sangat mahir membawa berbagai makanan sambil melompati pohon dengan tangannya, kucing somali juga memiliki jari-jari kaki yang sangat kuat.

Jari-jari mereka bisa memegang sesuatu seperti manusia. Karena itu, jangan heran jika melihat mereka bisa membuka dan menutup kabinet sesuka hati, atau bahkan dengan mudah menyalakan keran.

4. Rusuhnya minta ampun!

Kucing Somali adalah kucing yang aktif. Aktif dalam hal ini sangat menyenangkan karena tingkat pergerakan mereka berada pada level yang sangat tinggi. Bisa saja mereka tidak bisa diam, jadi wajar saja jika mereka mengganggu aktivitas majikannya setiap hari.

Menurut situs catcaster yang memiliki komunitas pecinta kucing, mereka akan duduk di lemari es saat majikan mereka memasak, mereka akan duduk di wastafel ketika majikan mereka mandi, dan mereka bahkan bisa sibuk sendiri di meja sementara majikan mereka sedang belajar atau bekerja di depan laptop.

Namun, kucing Somali adalah teman yang luar biasa. Mereka dapat mengimbangi stamina yang dihasilkan oleh anak-anak dan hewan peliharaan lainnya. Mereka menyukai ketinggian dan juga sangat pintar. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika ingin merawat mereka karena mereka tidak akan pernah bosan untuk bermain.

Karakter Kucing Somali

Kucing Somali bukan untuk yang malas bergerak, atau siapa pun yang mencari kucing pangkuan yang tenang dan jinak. Kucing jenis ini selalu bergerak dan ingin menjadi pusat perhatian.

Karena mereka sangat banyak bicara dan cerdas, memastikan kebutuhan olahraga kucing Somali anda terpenuhi akan menjadi bagian penting untuk membuat mereka senang dan bersemangat. Waktu bermain yang terstruktur juga merupakan pengalaman ikatan yang hebat.

“Hal terpenting bagi kucing adalah membuatnya tetap aktif,” kata Carol Margulis, DVM, DACT, dari Gold Coast Animal Care di Long Island, New York. “Orang mengira mereka hanya bisa mengayunkan tongkat, tetapi bagian dari ikatan nyata yaitu memiliki kucing berlarian dan menjadi mangsa mainan. Jika anda tidak terengah-engah, berarti anda belum cukup bermain dengan mereka.”

  Cara Menjinakan Burung Betet Liar

Kucing Somali dapat memainkan barang apapun apa pun yang cukup ringan untuk dimainkan. Mereka juga pendaki, pengintai, dan penjelajah yang hebat. Mereka cukup terampil untuk mengetahui cara membuka lemari dan pintu, dan beberapa dikenal karena mempelajari cara menyalakan keran untuk mendapatkan kabut yang bagus.

Dengan mengenal Kucing Somali adalah kucing yang sangat cerdas yang belajar trik dengan baik, suka muncul dan menjadi pusat perhatian. Mereka cukup pintar untuk menghindari anak-anak dan balita kecil, tetapi anak-anak usia sekolah sangat cocok untuk tingkat energi dan kesenangan Somali dewasa.

Ini juga kucing yang rukun dengan apa pun yang anda miliki di sekitar rumah. Orang asing selalu diterima, seperti kucing lain (terutama Abyssinians atau Somali lainnya), anjing ramah, dan bahkan musang besar seperti musang dan tikus.

Warna Bulu dan Grooming

Segala sesuatu tentang dia sangat ceria dan perhatian, mata emas dan almond mereka menunjukkan minat yang sangat jelas, di belakangnya ada garis mata dan alis yang cukup panjang.

Mereka diberkahi dengan otot yang anggun dan atletis, sepintas kita bisa melihat mereka dengan tubuh yang agak montok, dari segi bagian tubuh bisa dikatakan mirip dengan ras Persia yang panjang dan ramping.

Ketika dia berjalan, anda akan melihat sesuatu yang unik tentang tubuhnya, dia akan melihatnya berjalan dengan jari kakinya, yang benar-benar unik karena cakarnya sangat lembut dan lucu untuk dilihat bersama kita semua.

Pita berwarna membuat trah ini terlihat lebih cerah, mereka memiliki rambut berukuran sedang yang sangat berkilau, dan mereka juga memiliki ikal di leher dan jumbai rambut horizontal yang menghiasi telinga bagian dalam.

Diberkahi dengan empat warna yang sangat menarik, di antaranya ada coklat kemerahan yang jika kita lihat akan sangat artistik seperti sienna gosong, ada coklat tua atau hitam, lalu merah, dan terakhir warna kayu manis. Mereka memiliki cakar berwarna salmon dengan hidung yang mirip.

Perawatan Kucing Somali

Kucing somali memiliki bulu yang lembut dan halus sehingga perlu disikat secara teratur untuk merawatnya. Sikat sekali atau dua kali seminggu agar bulunya tidak kusut. Kucing Somali sering menikmatinya, yang membuat pekerjaan anda lebih mudah.

Jika anda memiliki Somali , pertimbangkan untuk menyikat gigi secara teratur di rumah. Kucing-kucing ini rentan terhadap penyakit gusi, jadi anda perlu menjadwalkan pembersihan gigi sesekali untuk mencegah masalah apa pun.

Jika anda ingin berpetualang, anda bahkan dapat membawa kucing Somali anda berjalan-jalan dengan tali. Kucing Somali suka menghabiskan waktu di luar ruangan dan menghabiskan waktu bersama majikannya, jadi ini adalah solusi yang saling menguntungkan.

Dikarenakan kucing ini sangat pintar dan semangat untuk berolahraga, mereka mudah dilatih. Mereka telah dikenal untuk bermain menangkap dan belajar trik menyenangkan, seperti duduk dan diam.

Jika anda meninggalkan rumah Somali sendirian tanpa berolahraga, mungkin rumah akan berantakan.

Masalah Kesehatan Umum

Semua kucing rentan terhadap banyak penyakit genetik. Kebanyakan kucing Somali bahagia dan sehat, tetapi ada beberapa penyakit genetik yang rentan terhadap mereka.

Seperti beberapa kucing Abyssinian, beberapa orang Somali dapat mengembangkan masalah kesehatan bawaan yang disebut defisiensi piruvat kinase, yang dapat menyebabkan anemia. Jika anda membeli seekor Somali dari peternak, minta mereka untuk menguji kondisi ini sebelum transaksi.

Somali juga mungkin rentan terhadap kondisi mata dan atrofi retina progresif. Ini menyebabkan kebutaan progresif pada kucing. Tanyakan kepada peternak apakah kucingnya memiliki kondisi ini untuk menentukan apakah kucing anda berisiko.

Biodata Kucing Somali

Ukuran pria : 3 kg – 6 kg

Ukuran betina : 2,75 kg – 5,5 kg

Warna mata : hijau dan emas

Usia : 9 – 13 tahun

Perlu perhatian : sedang

Panjang bulu : panjang

Karakteristik bulu : lembut

Terdaftar di organisasi : CFA, ACFA, TICA

Harga Kucing Somali

Harga seekor kucing Somali yang dikutip dari berbagai website kucing berkisar Rp5.000.000 – Rp7.000.000,00. Namun ada juga yang mengatakan bahwa harga anak kucing somali berada pada kisaran Rp 14.000.000.000,-.

Sekian pembahasan mengenai Mengenal Kucing Somali Beserta Harganya. Semoga bisa mebambah wawasan bagi para pembaca. Terima Kasih

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA