Cara Merawat Burung Kutilang Supaya Gacor dan Jinak

dewitani.comMerawat Burung Kutilang – Selama Anda merawat burung kutilang dengan baik dan benar, Anda dapat memiliki burung yang nyaring dan rajin bersuara. Penasaran bagaimana? Simak ulasan berikut ini!

Pasti Anda pernah mendengar atau menyanyikan sebagian lagu anak-anak berjudul Burung Kutilang ciptaan Ibu Sud gak?

Burung kutilang dikenal sebagai salah satu jenis burung kicau yang paling umum dipelihara. Meski burung kutilang jarang diikutsertakan dalam kompetisi, namun diyakini kicauannya masih kalah dengan jenis burung lainnya.

Namun, untuk hewan peliharaan yang hanya ada di dalam rumah, kamu bisa melatih burung kutilang agar bisa menghasilkan suara yang keras dan panjang lho.

Tentunya dibarengi dengan penanganan dan perawatan yang benar. Penasaran bagaimana cara merawat burung kutilang agar suaranya gacor dan berkualitas maksimal?

Nah, lebih jelasnya anda bisa lihat di ulasan yang terangkum selengkapnya di bawah ini, ya!

Kumpulan Cara Merawat Burung Agar Suaranya Gacor

Burung kutilang adalah sejenis burung kicau yang termasuk dalam suku Pycnonotidae. Kutilang berukuran kecil dengan berat 23-42 gram dan panjang 18-19,5 cm.

Pada umumnya burung kutilang dapat dipelihara dengan murah dan mudah. Namun untuk mendapatkan hasil terbaik, misalnya suara yang indah dan gacor, tentunya perlu pengolahan khusus.

Dilihat dari berbagai sumber, berikut beberapa tips dan cara merawat burung kutilang yang harus diperhatikan agar menghasilkan burung kicau yang gacor.

1. Menjinakkan kutilang liar

Jika Anda memiliki dana terbatas, memiliki burung liar adalah pilihan yang dapat dipilih. Harga burung kutilang ombyokan sangat murah, berkisar antara Rp. 10-25 ribu.

Sayangnya, mereka masih memiliki perilaku yang sulit diatur dan sering mencoba keluar dari kandang dan butuh waktu untuk menjinakkan mereka.

Anda bisa menjinakkan burung liar dengan membiarkan mereka memberontak di kandang dan menunggu sampai mereka kelelahan.

Kemudian beri mereka makanan dan minuman hanya untuk menciptakan ketergantungan antara burung kutilang dan Anda sebagai pemiliknya.

Pilih tempat kandang yang sepi dan jarang dikunjungi orang agar lebih mudah menyesuaikan diri.

Jika burung kutilang sudah agak jinak, Anda bisa mencoba mengubah posisi kandang agar lama kelamaan mereka tenang dan tidak lagi berontak.

โœ…  Makanan Burung Kutilang Dewasa dan Anakan

2. Pilih anakan burung kutilang

Dibandingkan dengan memelihara burung kutilang liar dewasa, kebanyakan pemilik lebih memilih memelihara anakan. Bahkan kalau bisa kutilang yang baru menetas dari telurnya.

Cara merawat burung kutilang sejak kecil agar burung tidak meniru suara induknya. Apalagi jika suara induk burung kurang indah.

Anakan kutilang yang telah dipisahkan dari induknya tentunya membutuhkan perhatian yang lebih serius, terutama dalam hal pakan yang tidak diperolehnya secara mandiri.

Untuk makanan burung, Anda bisa memberikan bubur berupa campuran voer dan air. Pemberian pakan dilakukan dengan mengoleskan pur yang tadi lalu dioleskan pada lidi atau pipet kecil.

Lakukan ini setidaknya sampai anak ayam berusia 25-30 hari, pada saat itu mereka akan dapat makan dan mengambil pakan kering sendiri tanpa bantuan Anda.

3. Jauhkan dari burung kutilang liar

Sama halnya dengan menjauhkan burung kutilang dari induknya, hal ini juga harus dilakukan agar suara yang dihasilkan indah dan sesuai dengan keinginan Anda.

Disarankan juga untuk menjaga burung kutilang di tempat yang tenang jauh dari keramaian. Perhatikan saat memberinya makan, agar burung pipit jinak dan patuh pada pemiliknya.

4. Berikan nutrisi tambahan

Burung kutilang liar umumnya mencari makan berupa biji-bijian, buah-buahan, atau serangga, karena burung jenis ini sering berkeliaran di sekitar persawahan.

Selain voer yang dibuat dengan vitamin dan mineral, anda juga bisa memberikan makanan tambahan seolah-olah berada di alam bebas.

Sedangkan untuk buahnya bisa diberikan pepaya atau pisang yang teksturnya lembut dan mudah dicerna oleh burung.

Untuk spesies serangga, Anda dapat memberi mereka ulat Hong Kong, jangkrik atau croto segar yang dapat diberikan secukupnya setiap beberapa hari.

5. Ganti Air minum secara teratur

Anda juga harus menyediakan air minum di tempat yang ditentukan untuk memperlancar sistem pencernaan sekaligus menjaganya agar tetap terhidrasi dengan baik.

Jangan lupa untuk mengganti air minum Anda secara teratur sehari sekali. Hal ini untuk menjaga kebersihannya, karena tidak jarang burung kutilang menggunakan air ini untuk mandi lho.

โœ…  Cara Merawat Merpati Balap yang Benar Khusus Pemula

6. Dengarkan burung anda masteran

Hal penting lainnya dalam perawatan burung kutilang, terutama jika ingin menghasilkan burung kicau yang gacor dan ngekek panjang adalah melatihnya pada burung kutilang master.

Burung kutilang master adalah jenis burung kutilang yang memiliki suara yang indah dan merdu. Diharapkan burung kutilang yang memeliharanya akan berusaha menirunya.

Jika Anda kesulitan menemukan burung master, Anda juga bisa mendengarkan suara kicau burung menggunakan rekaman melalui smartphone atau pemutar musik Anda.

Ulangi ini secara teratur di pagi dan sore hari setelah memberinya makan. Anda juga bisa memberikan stimulus berupa tepukan jari atau siulan untuk mengajak burung berkicau.

7. Mandikan burung kutilang

Menjaga kebersihan tubuh dan bulu burung penting dilakukan agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, seperti penyakit kulit dan kutu.

Salah satu langkahnya adalah memandikan burung. Untuk melakukan ini, Anda tidak perlu menggunakan sampo atau memperlakukannya seolah-olah Anda sedang memandikan kucing atau anjing.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyiapkan air bersih dan semprotan air lembut khusus untuk burung, untuk melembabkan tubuh dengan baik dan menghilangkan kotoran.

โœ…  Bahan Sarang Lovebird Yang Baik dan Bagus Untuk Ternak

8. Selalu jaga kebersihan kandang

Burung kutilang cenderung merupakan jenis burung yang sangat mudah mengeluarkan kotoran, sehingga akan mudah menumpuk karena jarang diperhatikan.

Bisa dipastikan kotoran burung yang menumpuk merupakan sarana berkembangnya bakteri berbahaya bagi kesehatan burung.

Penting untuk rutin membuang kotoran saat membersihkan kandang burung, misalnya setiap dua hari sekali untuk menjaga kebersihan tempat tinggalnya.

Demikianlan cara bagaimana merawat burung kutilang yang benar supaya gacor. Semoga bermanfaat dan bisa anda lakukan dirumah. Terima Kasih

error: This content is protected by DMCA