Mitos Rumah Tusuk Sate Pembawa Sial, Simak Penjelasannya

dewitani.comMitos Rumah Tusuk Sate – Orang Indonesia tentu tidak asing dengan istilah rumah tusuk sate, dan sering kali menganggapnya sebagai penyebab kemalangan atau kesialan. Asumsi yang didasarkan pada cerita atau legenda prosa dari masa lalu ini mengakar kuat dalam kehidupan masyarakat.

Alhasil, calon konsumen selalu menghindari tusuk sate. Hal ini kemudian dielakkan oleh banyak pengembang. Mereka mengganti rumah tusuk sate dengan membangun taman atau fasilitas lain yang menunjang kebutuhan penghuni.

Rumah tusuk sate adalah rumah yang terletak di ujung jalan, di tengah persimpangan jalan. Jika dideskripsikan rumah ini membentuk huruf “T”. Benarkah rumah tusuk sate membawa sial dan hal negatif lainnya yang akan merugikan penghuninya?

Inilah mitos yang berkembang dan tetap hidup berhubungan dengan rumah tusuk sate dan penjelasan ilmiahnya :

Mitos 1

Rumah yang terletak di ujung jalan bisa membuat keluarga kurang harmonis, karena sering timbul pertengkaran akibat suhu panas yang terus muncul.

Penjelasan Ilmiah

Panas yang sering terjadi disebabkan karena letak rumah di persimpangan jalan. Posisi ini memungkinkan sinar matahari masuk lebih mudah tanpa ada penghalang. Penelitian para ahli kesehatan dari University of California menyebutkan bahwa cuaca panas bisa membuat orang lebih emosional dan mudah tersinggung.

Cara mengatasinya

Tambahkan kanopi agar sinar matahari tidak langsung mengenai dinding. Cara lain adalah dengan menggunakan gorden/tirai katun dengan warna-warna kalem.

  5 Mitos Tentang Putri Duyung yang Mengerikan

Mitos 2

Banyak ahli feng shui mengatakan bahwa aliran Chi di tusuk sate sangat kuat. Aliran tersebut memiliki efek buruk yang membuat penghuni rumah lebih rentan terhadap penyakit.

Penjelasan Ilmiah

Letak rumah yang berhadapan langsung dengan jalan vertikal membuat rumah memiliki aliran angin yang sangat kencang. Sehingga debu dan kotoran lebih cepat masuk. Risiko penyakit akibat debu dan kotoran sebenarnya lebih besar. Tetapi semua ini tergantung kekebalan penghuni rumah.

Cara mengatasinya

Jangan letakkan pintu dan jendela dalam posisi menghadap ke jalan, melainkan ke samping. Sirkulasi udara dari samping mencegah debu dan kotoran masuk ke dalam rumah secara langsung. Selalu bersihkan rumah secara rutin.

Mitos 3

Rumah tusuk sate tidak beruntung karena membuat penghuninya rentan terhadap kecelakaan.

Penjelasan Ilmiah

Karena tepat di depan jalan, ada bahaya mobil menabrak rumah. Muhammad Rashid Rida misalnya. Dia menceritakan pengalamannya dalam kecelakaan yang terjadi di rumah tusuk sate miliknya. Tetangganya sedang memanaskan mobil dan lupa menggunakan rem tangan, sehingga ia mundur dan menabrak tiang di rumah Reza.

Cara mengatasinya

Salah satu caranya dengan membuat taman atau kolam di depan rumah. Dengan begitu, saat terjadi kecelakaan seperti cerita Rida, mobil tidak langsung menabrak rumah.

Mitos 4

Penghuni rumah yang berposisi tusuk sate akan kesulitan mendapatkan rezeki.

Penjelasan Ilmiah

Jika melihat mitos sebelumnya, memang benar bahwa risiko yang ada di rumah ini lebih besar daripada di rumah pada umumnya. Akibatnya, dana tambahan harus dikeluarkan.

Cara mengatasinya

Rumah tusuk sate biasanya lebih murah. Namun, biaya yang harus dikeluarkan untuk meminimalkan risiko yang akan terjadi juga harus diperhitungkan. Pilihlah rumah dengan lingkungan yang baik dan kondusif.

  Kisah Mistis Lele Albino Yang Bikin Merinding

Mitos 5

Masih terkait dengan kemampuan Chi yang kuat, rumah orang tusuk sate dikatakan menarik hantu dan makhluk halus lainnya.

Penjelasan Ilmiah

Menurut sebuah laporan dari The Independent, Dr. Dominic Ffytche dari Institute of Psychiatru mengatakan pengenalan penglihatan hantu disebabkan oleh otak yang mencoba memahami penurunan informasi dari saraf optik. Misalnya, mengalami kelumpuhan tidur, karena ilusi yang dihasilkan oleh otak, atau karena sakit mata.

Cara mengatasinya

Penampakan hantu hanya ada hubungannya dengan otak. Oleh karena itu, pastikan Anda menjalani gaya hidup dan pola hidup yang sehat, berolahraga secara teratur, makan makanan yang bergizi dan seimbang serta selalu berpikir positif.

Berikut penjelasan mengenai mitos rumah tusuk sate dan penjelasan secara ilmiah. Semoga bisa membuka wawasan para pembaca dan selalu berpikir positif. Terima Kasih…

error: This content is protected by DMCA