kelebihan Sapi Simental Untuk Di Budidayakan

Dewitani. Sapi Simmental (termasuk Boss Taurus), yang berasal dari wilayah Simme Swiss (Swiss), tetapi sekarang tumbuh lebih cepat di Amerika, serta di Australia dan Selandia Baru (Selandia Baru). Sapi ini merupakan jenis sapi perah dan sapi potong.

Pada tahun 1990, bulu Simmental berwarna kuning, merah, dan putih. Saat ini kebanyakan dari mereka berwarna merah, Petani percaya bahwa harga sapi merah lebih baik. Sapi Simmental merupakan salah satu jenis sapi yang mudah dipelihara dan dikenali.

Ciri Dan Keunggulan Sapi Simental

Sering disebut sapi metal atau sapi simental, sapi simental merupakan sapi yang unggul dalam hal pertumbuhan dan pertambahan berat badan. Peternak lokal seringkali memberikan nilai yang tinggi pada peranakan sapi simental ini karena berbagai keunggulan yang dimiliki oleh sapi ini.

Sedikit yang mengetahui bahwa selain sebagai penghasil daging yang potensial alias sapi potong, sapi simental ini juga merupakan sapi perah. Jadi sapi simental atau sapi merah  ini merupakan sapi dwiguna yaitu sapi potong dan sapi perah/sapi penghasi susu. Hanya di masyarakat kita sapi simental ini lebih umum digemukkan seperti sapi pedaging lainnya.

Berat pejantan dewasa bisa mencapai 1150 kg sedangkan berat betina dewasa adalah 800 kg. Secara genetik, sapi Simental adalah sapi potong yang berasal dari iklim dingin, merupakan spesies ternak besar, memiliki ukuran rumen yang besar, asupan makanan yang tinggi (kemampuan untuk meningkatkan konsumsi melebihi kebutuhan sebenarnya dan laju pertumbuhan yang cepat, sehingga memerlukan manajemen pemeliharaan yang baik.

Ciri-ciri Fisik Sapi Simmental :

  1. Bulunya berwarna kuning hingga coklat
  2. Bentuk tubuh sapi ini panjang, kompak dan tentunya kokoh
  3. Kepala sapi samental umumnya berwarna putih pada bagian atasnya.
  4. Berat badan sapi Simmental jantan dewasa bisa mencapai 1400 kg
  5. Sapi ini tergolong sapi besar, Cina pada saat lahir, sapih bahkan sapi dewasa
  6. 600-800 kg sapi Simmental
  7. Pertambahan berat badan 1,5 – 2,1 kg/hari

Dengan mengetahui ciri-ciri sapi Simmental, ketika kita membeli sapi dari pasar hewan, kita tidak akan tertipu oleh agen ataublantik , sehingga akan sangat merugikan kita sebagai peternak.

Asal Sapi Simental

Sapi Simmental atau Simental adalah salah satu nama ras sapi yang berasal dari Swiss. Yang termasuk kepala bangsa banteng. Nama Simental sendiri diambil dari nama daerah tempat sapi ini pertama kali diternakkan. Yaitu, Lembah Sim – Berner Oberland, Swiss. Hingga saat ini, sapi ini telah menyebar ke berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Di Indonesia, sapi Simmental disebut sebagai sapi metal.

  Ciri Sapi Bunting Dan Proses Pemeliharaannya

Sapi jenis ini memiliki ciri fisik yang membedakannya dengan jenis sapi lainnya. Warna sapi Simmental sendiri cukup beragam. Mulai dari coklat kekuningan, coklat kemerahan hingga merah tua. Sedangkan bagian tubuh sapi ada yang memiliki warna berbeda. Misalnya, bagian atas kepala, kaki, dan perut berwarna putih. Sapi simmental sering memiliki tingtur di sekitar mata untuk mengurangi masalah mata saat terkena sinar matahari.

struktur tubuh. Kerangka sapi simental ini juga berukuran besar dengan bentuk tubuh memanjang dan berotot. Tinggi sapi betina sapi ini adalah 135 – 150 cm, dan untuk jantan 150 – 160 cm. Untuk bobotnya juga tergantung varian perawatannya. Dengan pemeliharaan yang intensif, sapi metal betina dapat mencapai 700-900 kg dan untuk pejantan bisa mencapai hingga 1,3 ton.

Kelebihan Sapi Simmental

Ada banyak alasan mengapa sapi simental ini disukai oleh masyarakat di kalangan petani dan masyarakat umum. Sapi metal sendiri memiliki keunggulan dibandingkan jenis sapi lainnya. Nah berikut ini beberapa keunggulan sapi simental :

  1. tingkat pertumbuhan yang cepat
  2. Sapi logam dikenal karena pertumbuhannya yang cepat selama mereka diberi makan yang cukup. AGD atau rata-rata pertumbuhan berat badan harian bisa mencapai antara 1,5 – 2,1 kg per hari.
  3. Menghasilkan karkas besar dan daging berkualitas tinggi
  4. Karkas sapi metal lebih berat dan lebih kecil dibandingkan dengan jenis sapi lainnya. Akumulasi lemak subkutan rendah, sehingga dapat menghasilkan daging yang rendah lemak.
  5. Sapi multiguna

Masih banyak yang belum tahu bahwa sapi metal ini merupakan sapi multiguna. Dimana tidak hanya daging sapi saja yang bisa digunakan. Tetapi juga dapat digunakan sebagai sapi perah untuk produksi susu. Bahkan sapi metal ini dapat memberikan keseimbangan yang lebih baik antara susu dan daging yang dihasilkan dibandingkan sapi ainnya.

Sistem reproduksi dan kesuburan yang baik Tingkat kesuburan sapi mineral sangat tinggi dan jarak antar kelahiran sangat pendek. Kemampuan untuk bersalin atau mengasuh anak juga baik. Dengan karakteristik tersebut akan sangat menguntungkan bagi para pemelihara sapi simental .

 

 

 

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA