Cara Ternak Kambing Modal 2 Juta Agar Memperoleh Keungungan

dewitani.comTernak Kambing Modal 2 Juta – Cukup dengan modal sekitar 2 juta bisa beternak kambing di rumah. Potensi keuntungan dan pasarnya sangat besar. Beternak kambing untuk pemula sangat mudah, dengan modal yang terbatas dan tidak banyak sudah bisa memulai bisnis peternakan kambing.

Cocok untuk daerah pedesaan karena masih banyak lahan. Mudah memenuhi kebutuhan hijauan alami, seperti rumput. Peternakan kambing dengan modal 2 juta sangat menguntungkan.

Potensi Ternak Kambing

Ternak kambing mudah dan potensi pasarnya sangat tinggi. Karena kebutuhan kambing di dalam negeri sangat besar terutama pada hari raya qurban atau Idul Adha dan kebutuhan aqiqah. Kebutuhan daging kambing di Indonesia sangat tinggi antara lain untuk memenuhi kebutuhan Kurban dan Aqiqah untuk keamanan rumah makan dan restoran.

Kambing menjadi salah satu hewan kurban yang paling dibutuhkan saat Idul Adha 2020, sebagai bukti kebutuhan ternak lokal. Menurut data Kementerian Pertanian, stok kurban lokal untuk kebutuhan Idul Adha 2020 mencapai 1.802.618 ekor. Pemerintah hanya mampu menyiapkan hewan ini dengan 853.212 atau hanya 47,3% dari total kebutuhan.

Adapun selebihnya diisi dengan jenis ternak seperti domba dan sapi, sedangkan jumlah kurbannya sangat sedikit. Sapi yang tersedia hanya 15.653 ekor atau 0,9% dari total stok kurban. Mengingat potensi pasar yang besar, ekspansi daging sapi dan kambing merupakan salah satu jenis usaha yang menguntungkan.

  Panduan Praktis Cara Membuat Kandang Kambing Bagi Pemula

Dari segi sumber daya manusia, penduduk desa memiliki banyak pengalaman dalam beternak kambing. Mereka hanya membutuhkan investor. Berkaitan dengan usaha peternakan kambing dengan modal 2 juta. Caranya adalah bekerja sama dengan warga desa yang memiliki tanah dan kandang serta siap bekerja keras.

Dengan sistem bagi hasil, Anda tidak perlu lagi khawatir mencari makan untuk pemeliharaan. Desa mendukung kegiatan peternakan sapi dan kambing dengan modal yang tidak banyak. Yang diperlukan dalam beternak kambing adalah pemilihan jenis kambing yang disembelih betina atau jantan, dan pemilihan bibit dari jenis yang unggul dan hasilnya adalah kambing jawa, kambing etawa, gibas, garut atau kambing kacangan.

Memilih Bibit Kambing

Cara mendapatkan bibit kambing yang bagus untuk ditanam, anda bisa membelinya di pasar hewan atau langsung dari peternak kambing. Bibit kambing yang baik berumur lebih dari 1 tahun, secara fisik memiliki tubuh yang baik dan sehat. Bisa dibeli di pasar hewan atau langsung disembelih di peternakan kambing.

Harga kambing betina di atas satu tahun yaitu kurang dari 1 juta. Harga seekor kambing berumur satu tahun mencapai 1 juta untuk betina usia produktif. Satu betina bisa melahirkan 1 sampai 3 anak kambing.

Usia kehamilan 6 bulan, proses menyusui sampai 3-4 bulan, dan kambing umur 4 bulan sudah bisa mandiri. Proses pembesaran dan penggemukan selama 5 bulan dapat dijual sebelum Idul Adha.

Usaha peternakan kambing dengan modal 2 juta dapat dicapai dengan bekerja sama dengan orang lain dengan sistem bagi hasil. Jadi tidak perlu repot mencari pakan, menghemat waktu dan tenaga. Dalam satu tahun kambing bisa beranak setahun sekali, hasilnya bisa dibagi rata antara investor dan peternak, istilah jawanya sistem paron.

  Cara Menentukan Umur Kambing atau Domba Dari Susunan Gigi

Kambing potong dapat berproduksi atau berkembang biak setahun sekali. Jika Anda memiliki modal yang lebih besar, misalnya empat betina, maka satu pejantan sudah cukup. Hanya saja pejantan untuk usia matang atau lebih dari satu tahun harganya 2 juta per ekor.

Keuntungan bisa berlipat ganda, misalnya satu ekor betina menghasilkan tiga ekor, dan keuntungan bisa mencapai jutaan rupiah. Dengan beternak kambing, modalnya 2 juta dapat mengurangi tingkat kemiskinan di pedesaan.

Sekian pembahasan bagaimana cara ternak kambing modal 2 juta. Semoga bermanfaat dan semoga sukses…

error: This content is protected by DMCA