10 Fakta tentang Kucing Scottish Fold Yang Mencengangkan

dewitani.com – Fakta tentang Kucing Scottish Fold – Kucing Scottish Fold adalah salah satu kucing terlucu di dunia. Diketahui bahwa jenis kucing peliharaan ini memiliki penampilan yang unik. Scottish Fold memiliki telinga terlipat yang menjadi ciri khas mereka, wajah bulat, dan mata bulat besar yang membuatnya terlihat menggemaskan.

Wajah kucing ras skotlandia ini sering disebut-sebut menyerupai boneka beruang atau burung hantu. Tidak heran jika Scottish Fold menjadi subjek yang menarik dan dikagumi oleh para pecinta kucing.

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan favorit para pecinta hewan. Tingkah laku kucing yang lucu dan menggemaskan pasti akan membuat kita terhindar dari stres setelah lelah belajar atau bekerja seharian.

Kucing sendiri memiliki banyak jenis. Salah satu kucing yang paling populer adalah kucing Scottish Fold. Kucing ini banyak diminati karena keunikan fisiknya.

Fakta-Fakta tentang Kucing Scottish Fold

Scottish Fold umumnya manis, perhatian, setia, dan tidak menuntut, menjadikannya ras yang ideal untuk kucing peliharaan. Kucing ini adalah persilangan antara shorthair Amerika dan Inggris, sehingga sering dianggap memiliki “rasa moralitas Inggris ditambah dengan kepercayaan diri Amerika”, mengutip Asosiasi Internasional Skotlandia.

The Scottish Fold adalah mutasi spontan kucing peternakan di Skotlandia. Berikut beberapa fakta menarik tentang kucing skotlandia yang perlu anda ketahui, dikutip dari berbagai sumber.

1. Memiliki satu nenek moyang yang sama

Sejarah kucing dengan telinga terlipat berasal dari abad kedelapan belas Masehi. Kucing Skotlandia pertama kali muncul pada tahun 1960-an. Pada tahun 1961 di Perthshire, Skotlandia, seekor anak kucing dengan telinga terlipat ditemukan di kotak kotoran kucing dengan telinga yang tidak terlipat.

Nama kucingnya Susie. Dia dibesarkan dengan kucing lain untuk mengembangkan keturunan, yang akhirnya menyebabkan semua kucing Skotlandia memiliki nenek moyang yang sama.

2. Ramah, cerdas dan aktif

Scottish Fold adalah kucing yang ramah, cerdas, dan aktif. Kucing ini akan sangat senang jika diberi mainan yang akan menguji ketangkasannya. Dia akan sangat mencintai orang-orang yang selalu memberinya makan dan menemaninya bermain.

Selain itu, kucing Scottish Fold juga akan mudah berbaur dengan lingkungannya, termasuk ketika ada hewan peliharaan lain di sekitarnya. Yang perlu diketahui, kucing ini tidak boleh dibiarkan kesepian begitu saja karena akan mudah stres dan depresi.

3. Terlahir dengan telinga lurus

Faktanya, anak kucing Scottish Fold terlahir dengan telinga lurus. Lipatan mulai berkembang saat anak kucing berusia antara 18 dan 24 hari. Namun, ini hanya terjadi jika kucing memiliki gen yang bertanggung jawab atas lipatan tersebut.

Seringkali, telinga kucing Skotlandia tetap lurus, yang dalam hal ini dikenal sebagai ras kucing Scottish Shorthair. Secara umum, sekitar 50 persen kucing dengan ibu tunggal di Skotlandia cenderung memiliki telinga terlipat, tetapi 50 persen lainnya tidak.

4. Lipatan telinga karena mutasi

Menurut Asosiasi Kucing Internasional, telinga Scottish Fold adalah hasil dari mutasi spontan dan diturunkan dari gen dominan yang tidak lengkap, menghasilkan kucing bertelinga lurus dan terlipat.

Sementara efek yang paling jelas dari mutasi ini adalah pada lipatan, itu juga dapat mempengaruhi bagian lain dari tubuh. Secara khusus, kucing Skotlandia mungkin menderita kelainan bentuk tulang rawan yang menyebabkan telinga mereka bengkok.

5. Memiliki banyak corak dan warna

Mirip dengan ras kucing lainnya, Scottish Fold memiliki pola dan warna bulu yang beragam, mulai dari hitam, biru, hingga shaded silver. Demikian juga, mata Scottish Fold bisa berwarna apa saja, meskipun biasanya berwarna tembaga.

Secara umum, Scottish Fold memiliki bulu yang pendek dan halus, tetapi beberapa ras kucing ini memiliki bulu yang panjang, yang oleh beberapa asosiasi disebut sebagai Highland Fold.

6. Pengakuan ras kucing Scottish Fold

Scottish Fold tidak diakui oleh FIFe (Fédération Internationale Féline) di Eropa. GCFF juga telah mencabut pengakuan terhadap jenis kucing ini. Salah satu alasannya adalah bahwa lipatan telinga Scottish Fold dapat menyebabkan infeksi, kutu, atau membuat mereka tuli.

Namun, di Amerika, kucing Skotlandia dikoreksi secara genetik dengan mencampurkannya dengan ras British Shorthair dan American Shorthair. Hasilnya sekarang adalah kucing Skotlandia tidak memiliki masalah yang dikhawatirkan.

Sampai saat ini lembaga yang telah mengakui ras kucing skotlandia adalah TICA (International Cat Association) dan CFA (Cat Lovers Association).

7. Bisa duduk seperti manusia

Selain wajahnya yang imut dan menggemaskan, fakta bahwa kucing skotlandia juga dikenal dengan kepribadiannya yang lucu dan menggemaskan.

Scottish Folds bisa bertingkah lucu seperti duduk, berdiri atau berbaring dalam berbagai posisi mirip manusia. Bahkan, kucing-kucing ini bisa duduk di pahanya dalam posisi “Buddha”.

8. Tidak populer di Eropa, tapi dicintai di Amerika

Board of Cat Fancy (GCCF) – badan pendaftaran kucing terbesar di Inggris – awalnya menyetujui Scottish Folds untuk dipamerkan pada tahun 1966. Namun, pada tahun 1971, organisasi tersebut berhenti mengizinkan pemilik hewan peliharaan untuk mendaftarkan kucing karena kekhawatiran tentang kelainan bentuk fisik. Tungau telinga, infeksi dan tuli.

  Jenis-Jenis Burung Betet

Ketakutan ini pada akhirnya tidak berdasar, tetapi hingga hari ini kucing itu masih belum ditampilkan di Eropa. Namun, kucing ini sangat populer di Amerika. Pada tahun 1970, Scottish Fold sedang menyeberangi kolam ketika tiga anak kucing dikirim ke Neil Todd, seorang ilmuwan New England yang sedang meneliti mutasi genetik spontan pada kucing.

Todd menyelesaikan penelitiannya dan para breeder Skotlandia mengadopsi anak kucing yang dibesarkan di bawah asuhannya. Pada tahun 1977, Scottish Folds diberikan status sementara dengan Asosiasi Pemelihara Kucing Amerika Serikat (CFA).

Selama beberapa dekade, kucing ini menjadi banyak dicari di Amerika. Saat ini, pecinta kucing yang ingin memilikinya harus berada di daftar tunggu dan membayar beberapa ratus dolar untuk mendapatkan anak kucing Scottish Fold.

9. Kepribadian Kucing Scottish Fold

Scottish Folds biasanya cerdas, pemarah, bersuara lembut, dan mudah beradaptasi dengan orang dan situasi baru. Mereka setia dan terikat dengan salah satu orang dalam keluarga.

Kucing-kucing ini biasanya akan mengizinkan orang lain untuk memeluk dan membelai mereka, tetapi hubungan utamanya akan segera terlihat setelah mereka memilih manusia pilihan mereka untuk menjadi tuannya.

Kucing Scottish Fold membutuhkan perhatian, tetapi perhatian ini perlu diberikan dengan caranya sendiri. Meskipun mereka adalah kucing setia, kucing ini cenderung murni dan tidak menuntut dan biasanya lebih suka berada di dekat anda daripada dipeluk.

Meskipun terlipat, telinga Scottish Fold ekspresif dan akan berputar untuk mendengarkan atau ketika marah. Kerutan di telinga mungkin menjadi kurang terlihat saat kucing marah atau sakit. Telinga yang terlipat ini juga tidak membuat kucing rentan terhadap tungau atau infeksi telinga.

10. Kontroversi Seputar Kucing Scottish Fold

Pada awalnya, sejumlah peternak sangat antusias dengan breed baru dan berbeda ini, tetapi GCC prihatin dengan potensi masalah kesehatan. Pada awalnya, mereka khawatir tentang infeksi telinga, kutu telinga, dan ketulian, tetapi kekhawatiran ini terbukti tidak berdasar.

Namun GCC menjadi prihatin tentang masalah genetik. Anak kucing Scottish Fold dilahirkan dengan telinga yang tidak terlipat. Telinga kucing yang membawa gen tersebut mulai melentur secara normal sekitar hari ke-21, dimulai dari tepi luar telinga dekat pangkal. Gen fold merupakan gen dominan tidak lengkap yang mempengaruhi perkembangan tulang rawan dan tulang di seluruh tubuh kucing.

Seekor kucing dengan dua salinan gen dikatakan homozigot. Kucing yang memiliki dua salinan gen yang mengakibatkan telinga terlipat dapat menderita masalah kesehatan yang serius, termasuk melumpuhkan arthritis pada usia muda. Kemudian kucing-kucing ini tidak lagi dibiakkan karena masalah etika.

Kucing dengan satu salinan gen dikatakan heterozigot. Mereka menunjukkan telinga terlipat yang khas. Kucing-kucing ini dapat mengembangkan radang sendi tetapi biasanya tidak berkembang menjadi usia tua. Ada perdebatan tentang apakah kucing ini memiliki kualitas hidup yang baik atau apakah mereka rentan terhadap rasa sakit dan kecacatan.

Kucing bertelinga lipat kemudian dikawinkan dengan kucing yang tidak menunjukkan sifat telinga terlipat untuk memastikan bahwa kucing tidak menerima dua salinan gen. Lebih baik tidak membiakkan Scottish Fold heterozigot dengan Scottish Fold telinga lurus, melainkan membiakkannya dengan British Shorthair.

Kekhawatirannya adalah bahwa Scottish Fold bertelinga lurus mungkin masih mengandung gen tetapi tidak mengekspresikannya. Banyak dokter hewan menentang pembiakan Scottish Fold karena semua kucing yang membawa gen tersebut memiliki osteochondrosis osteochondrosis dan mungkin mengalami rasa sakit dan penderitaan karenanya.

Perdebatan aktif berlanjut di negara-negara di mana pembiakan ini terjadi. Sementara itu, jenis kucing ini terdaftar di Cat Fancy Board of Directors (GCCF) di Inggris, tetapi ditarik pada tahun 1971 karena masalah etika tentang kesehatan kucing.

Namun, ras kucing Scottish Fold terus berlanjut di Amerika Serikat dan di tempat lain. Mereka diterima di American Cat Breeders Association (ACFA), Cat Fanciers Association (CFA), dan International Cat Association (TICA).

Berikut pembahasan menganai Fakta tentang Kucing Scottish Fold. Semoga bisa menambah wawasan anda para pecinta kucing. Terima Kasih…

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA