8 Penyebab Ikan Cupang Kembung Dan Cara Mengobatinya

dewitani.com – Ikan Cupang Kembung – Ikan cupang mengalami perut kembung merupakan hal yang bisa terjadi pada setiap jenis ikan cupang, sehingga hal ini juga harus diwaspadai pemiliknya. Ciri khas perut ikan cupang adalah membesarnya perut ikan cupang, yang membuatnya terus-menerus berada di permukaan air dan sulit untuk berenang atau berada di dasar air.

Mengenai perut ikan cupang yang membuncit, sebagian dari anda mungkin ingin tahu mengapa hal seperti ini bisa terjadi. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang penyebab ikan cupang mengalami perut kembung Dilihat dari channel Youtube Betta Kampung, ikan cupang dengan perut buncit membuat perutnya sedikit membuncit, karena ikan cupang susah buang air besar.

Ketika ikan cupang dengan perut buncit memakan sesuatu, secara otomatis ia tidak akan bisa buang air besar dan ini akan menyebabkan perutnya membesar. Ketika perut cupang yang membesar membengkak, ia akan kesulitan berenang ke bawah dan akan cenderung terus mengapung di permukaan air.

Penyebab Perut Ikan Buncit

1. Makan terlalu banyak

Makan banyak pada ikan cupang bisa menjadi penyebab umum ikan cupang kembung. Oleh karena itu, pemilik ikan cupang tidak boleh memberi makan ikan cupang mereka secara berlebihan. Ketika ikan cupang makan berlebihan, mereka menjadi stres dan perut mereka membengkak.

2. Pakan ikan cupang kurang bersih

Pemberian pakan ikan cupang yang kurang steril atau mengandung bakteri dapat menyebabkan perut ikan membengkak. Ketika pakan yang tidak steril atau mengandung bakteri diberikan pada ikan cupang, hal ini akan membuat metabolisme ikan cupang kurang baik sehingga tidak dapat mengeluarkannya.

3. Sembelit

Ikan cupang sembelit juga menyebabkan ikan buncit. Tanda sembelit pada ikan cupang adalah kurangnya nafsu makan, yang membuat sulit buang air besar.

4. Penyakit kandung kemih

Jika perut ikan cupang anda bengkak tetapi tidak tampak sembelit, itu mungkin karena penyakit kandung kemih atau kantung udara. Kurang nafsu makan, lesu, dan sulit berenang adalah beberapa tanda ikan cupang memiliki kantung kemih yang kembung.

5. Sisik nanas

Jika tidak terdengar seperti sembelit atau penyakit kandung kemih, sayangnya perut cupang yang membesar bisa jadi merupakan penyakit droplet atau penyakit kulit nanas. Peluang ikan cupang untuk bertahan hidup sangat kecil jika penyakit ini menyerangnya.

  Cara Merawat Ikan Hias Akara ( Blue Acara)

6. Tumor

Dalam kasus lain yang jarang terjadi, ini bisa disebabkan oleh tumor. Untungnya, bunion tidak jarang terjadi pada ikan cupang, jadi anda tidak perlu terlalu khawatir tentang hal ini.

7. Produksi telur

Jika tonjolan terjadi pada ikan cupang betina, dia mungkin sedang bertelur.

8. Jarang Kuras Air

Air adalah faktor terpenting dalam kesehatan cupang. Tidak hanya kembung, penyakit lain pun akan menyerang jika air tidak pernah diganti.

Baca Juga : Agar Sehat, Inilah Cara Merawat Ikan Cupang Yang Tepat

Cara Mengatasi ikan Cupang Kembung

1.Cepat-cepat pindahkan ikan cupang ke tempat terpisah

Ketika anda melihat perut ikan cupang membengkak, anda harus segera memindahkannya ke tangki khusus untuk ikan tersebut.

2. Gunakan air yang sudah diendapkan

Di akuarium khusus untuk ikan cupang yang perutnya sedang membengkak, anda perlu menggunakan air yang bersih, benar-benar steril, dan sudah diendapkan. Pastikan air tidak terlalu tinggi, agar cupang yang kembung tidak terlalu tinggi saat mengapung, sehingga tidak sulit untuk mencapai dasar air.

3. Taruh daun ketapang diaquarium

Selanjutnya, masukkan daun ketapang kering ke dalam air di tempat khusus. Biarkan ikan cupang duduk agar bisa mengeluarkan sisa pencernaannya.

4. Puasakan ikan

Puasakan ikan cupang yang kembung selama lebih dari satu hari, akan sangat membantu untuk memfokuskan pencernaan untuk menghilangkan kotoran dari perut cupang. Jika ikan cupang sudah bisa buang air besar, otomatis perutnya akan kembali normal dan akan cepat sembuh dan normal kembali.

5. Pindahkan ikan cupang ke akuarium baru

Setelah cupang buang air besar dan perutnya tidak lagi buncit atau mulai mengecil, anda bisa mengembalikan cupang ke mangkuk atau akuarium yang lebih baik. Dalam hal ini, anda perlu menyiapkan air daun ketapang baru di wadah atau akuarium baru. Ikan cupang kembali sehat dari perut kembung saat mulai buang air besar, karena sembelit merupakan penyebabnya.

Demikian pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi ikan cupang kembung. Semoga bisa bermanfaat bagi para penghobi ikan cupang.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA