Penyebab Kelinci Berganti Bulu

dewitani.com – Penyebab Kelinci Berganti Bulu – Kelinci merupakan binatang yang mengalami proses perubahan bulu atau yang umum diketahui dengan panggilan moulting. Proses moulting ini aman serta berlangsung dengan alamiah, jadi anda tak perlu cemas. Kerontokan bulu umumnya diawali pada kepala lalu terus turun ke leher serta semua badan. Lalu apa hal pemicu moulting pada kelinci?

Penyebab Moulting

Umumnya unsur pemicu penting berlangsungnya moulting ialah musim. Kita perlu tahu jika bulu kelinci berbentuk seperti mantel atau untuk jaket untuk kelinci. Bulu-bulu itu akan membuat perlindungan badan kelinci dari temperatur udara yang dingin yang bisa menyebabkan beberapa penyakit seperti diantaranya ialah kembung serta masuk angin.

Namun jika tiba musim kemarau dengan temperatur yang panas dengan alamiah kelinci akan merontokan bulunya yang lebat untuk jaga temperatur badan supaya tidak kepanasan. Tentunya itu semua dilaksanakan untuk keselamatan hidup kelinci tersebut. Tahukah kamu jika kelinci tidak lakukan moulting atau perontokan bulu di saat musim panas, ia dapat terserang heat stroke yang berpengaruh kematian.

Jadi dapat diambil kesimpulan jika biasanya kelinci akan mempunyai bulu yang makin pendek saat musim kemarau atau musim panas datang. Serta untuk memperoleh bulu yang pendek mereka dengan alamiah akan merontokan bulunya sendiri. Sehingga kita tak perlu cemas bila lihat banyak bulu kelinci kita rontok.

Moulting Karena Oleh Umur Kelinci Unsur yang lain mengakibatkan kelinci merontokan bulunya ialah sebab umur. Saat kelinci baru lahir mereka akan mempunyai bulu-bulu halus yang dapat disebut cukup lunak. Namun saat berumur 5-6 minggu bulu-bulu itu akan menjadi berubah bulu intermediate yang berwatak bertambah panjang dan bertambah kuat dari mulanya. 

  6 Keistimewaan Lovebird Lutino Mata Merah

Bulu intermediate ini akan membuat perlindungan kelinci sampai berusia 4 – 5 bulan sampai pada akhirnya mereka lakukan perubahan bulu atau moulting untuk kali pertamanya. Selanjutnya proses moulting akan berjalan tiap tahun bergantung dengan situasi keadaan seperti musim serta temperatur rumah kelinci.

NB : Unsur lain Pemicu Moulting ialah ; Hormon serta Konsumsi Nustrisi.

Keuntungan Moulting pada Kelinci Kita tak perlu takut bila kelinci kita alami moulting atau perubahan bulu. Sebab proses dari itu akan terdapat beberapa keuntungan yang didapat, antara lain sebagai berikut

  • Kurangi risiko kelinci kepanasan sampai mati atau heat store
  • Kurangi persoalan kutu
  • Memperoleh bulu baru yang makin halus serta lembut
  • Kelinci bertambah sehat
  • Kurangi persoalan penyakit kulit atau scabies

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA